Kajian ilmu Falak

iktikaf_falak1.jpg

Di hari ke 28 Ramdhan 1428 H, pembina CASA diminta memberikan penjelasan terkait munculnya perbedaan dalam penentuan awal Syawwal 1428 H.

Acara dikemas dalam format Multimedia sehingga peserta sangat antusias mengikuti. Dalam penjelasannya peserta diajak memahami ilmu Falak tidak lewat rumus2nya yang rumit namun memahami ilmu Falak melalui cara yang lebih menyenangkan yakni lewat melihat keindahan alam raya ciptaan Allah SWT ini.

Dengan visualisasi yang dibantu beragam software pendukung Multimedia sekitar 25 peserta i’tikaf dapat langsung berdialog dan melakukan praktikum laksana melihat alam nyata.

iktikaf_falak2.jpg

Terkait awal Syawwal 1428 H kali ini, disampaikan 5 kriteria yang dianut sebagian besar ummat Islam dunia. Dalam penjelasan berbagai kriteria peserta diminta memilih sendiri, kriteria mana yang kiranya sesuai dengan sunnah Rasul SAW.

Selepas acara, para peserta banyak yangmeminta soft copy dari materi dan software ilmu Falak. Semoga ilmu ini kembali diminati ummat dan ummat ini menekuni ilmu ini. Demikian ini dari kami…

15 Tanggapan

  1. Boleh bagi-bagi ilmu Falaknya??

  2. saya minta modul tentang ilmu falaq

    ilmu falak beda dgn ilmu falaq lho Bang… modul kita belum ada, tetapi semuanya dlm bentuk file, baik ppt, pdf, word, excel, dlsb. kalau minat silahkan minta tema yg mana?

    • Info ; Karya Drs. A.Kadir, M.H. “Formula Baru Ilmu Falak ; Panduan Lengkap & Praktis (Hisab Arah Kiblat, Waktu Waktu Shalat, Awal Bulan dan Gerhana)” telah beredar di toko buku Gramedia, dan toko-toko buku lainnya.

  3. provider yang terhormat….
    mohon tulisannya mengenai penentuan awal waktu shalat…dikirim ke ARabd.rohman@gmail.com

    terima kasih

  4. mohon materi ilmu falak (dalam segala format) bisa dikirimkan ke email saya
    sigeos_ysh@yahoo.co.id
    semoga bermanfaat bagi kepentingan pendidikan, karena saya mengampu geografi.
    terima kasih…

  5. Aku tholib menginginkan untuk belajar ilmu falak.., bagaimana caranya dan harus mengunjungi ke situs apa? Tolong di balaz di http://www.amt_libra@ovi.com

    wah kami bingung, karena almat emailnya kok ndak valid….silahkan ke blog ini ini atau http://rukyatulhilal.org …salam

  6. Bagi yang punya refensi ilmu falak, software , dan apapun yang berhubungan dengan ilmu falak, terutama yamg berupa presentasi power point saya minta dengan hormat mengirimkan ke Husada.smart@yahoo.com
    terimakasih

  7. Ada yang bisa bantu saya memperoleh Astronomical Algorithma karya Jean Meeus edisi terbaru??? Di Amazon ada namun harga di atas gaji saya perbulan…. Saya ingin mempelajari buku itu terutama di edisi terbaru ada tambahan pembahasan mengenai penentuan kalender Hijriyah.
    Saya sangat ingin mempelajarinya namun harganya sungguh di luar jangkauan saya… Ada yang bersedia membantu???

    silahkan antum gabung di grup ini: http://tech.groups.yahoo.com/group/rukyatulhilal/ … salam

  8. Saya seorang yang bodoh dan miskin,saya katakan bodoh karena saya kurang ilmu pengetahuan tentang agama Islam dan saya katakan miskin karena gaji saya tidak mencukupi untuk biaya hidup sebulan bersama keluarga saya,tetapi saya ingin mempelajari ilmu falaq,mohon bantuan kitab terjemahan Al-Mathla’us Sa’id dalam bahasa Indonesia.

  9. Saya mohon bantuan buku/program Astronomical Algorithma karya Jean Meeus

  10. Daftar anggota

  11. di harap dengan sangant bagi siapa saja yang punya software ilmu falak. apapun itu untuk berbagi ilmu , dengan mengirim ke imail kami
    wongwongan45@yahoo.com

  12. saya mohon dikirim file-file ilmu falak, semoga bermanfaat untuk dunia pendidikan, terimakasih

Tinggalkan Balasan

