Matahari dan Bumi

Matahari dan Rembulan, menjadi sorotan selama memasuki dan mengakhiri bulan suci Ramadhan 1428 H kali ini. Setahun lalu juga disoroti, namun sorotan kedua kali ini membuat lebih tajam dan lebih memberi makna…semoga.

Kali ini saya hanya akan melihat satu dulu yakni matahari. Karena rembulan kelihatan setelah memantulkan sinar dari matahari. Matahari bila dibandingkan tempat kita tinggal yakni bumi, terlalu besar untuk kita bayangkan.

Dikarenakan kita yang jarang melihat matahari secara ilmu tetapi lebih sering secara visual saja, maka kita jadi lupa kalau kita itu keciiiil sekali. Bumi kita saja sangat kecil, apalagi kita..

Matahari berada di kejauhan 150 juta km dari mata kita. Jarak ini sekedar umum saja, karena kadang mendekat dan kadang menjauh walau tidak terlalu berarti bagi kita.

Berikut gambaran perbandingan matahari dengan bumi kita:

bumi_matahari1.jpg

Matahari sebagian dengan bumi penuh…

Kalau gambar matahari kita buat penuh, pemandangan akan menjadi seperti ini:

bumi_matahari2.jpg

Matahari dan bumi tampil penuh

Visual lain adalah berikut ini:

bumi_matahari3.jpg

Dimana posisi Anda sekarang…?

75 Tanggapan

  1. subhanallah

  2. MAHA BESAR ALLAH YG MENCIPTAKAN LANGIT DAN BUMI

  3. tryta bumi tuh kcl bgt yah….
    aplg gue…

  4. Kuweeeeeeeeeeeeeeeeeerrrrrrreeeeeeeeeeeeeeeennn BanGet MatahariNya…..jadi Inget m lgunya Gigi Panas 10000x!!!

  5. Subhanallah.

  6. wadddddddddduuuuuuuuuuuuuhhhhhhhhhhhhh gede banget matahari nya klo ada 10 gimana ya?. mungkin asoy

  7. aku mau matahaRI sedikit menjauh dari bumi nanti ada pemanasan global

  8. gagagag

  9. Allah Maha Besar, Dia Menciptakan Segalanya dan Senantiasa menjaga nya,namun manusia yg hanya numpang Justru merusaknya dengan kepandaian dan kecerobohan.Kita hanya bisa menerima jika Dia membuat “Sesuatu Terjadi Pada Ciptaan-nya”.Amin.

    • Menurutku, kepandaian itu g’ merusak bumi kok. malahan dengan kepandaian kita dapat menyelamatkan bumi. Allah aja menyuruh umat manusia untuk mencari ilmu sebanyak – banyaknya. bumi itu rusak karena sifat manusianya sendiri bukan karena kepandaian

  10. mari kita kenalkan islam yang sebenarnya kpd semuapenduduk bumi
    terutama indonesia

  11. mari kita kenal kan islam yang sesungguhnya kepada indonesia

  12. matahari akan mndekati bumi dalam jangka waktu 110 tahun.
    0,5 m per tahun…

  13. assalamu’alaikum wr wb…..subhanallah…. mataharinya guede banget, Maha Besar Allah dengan segala CiptaanNya…

  14. aduuuuuuuh….. nyeremin bgt ya…….
    klu pemanasan global jd na kyk gmn ya…?????

  15. Weleh weleh gudee bgt Y. Kena api secuil Z dah panaz’y minta ampun. Apa lagi ketiban matahari? Na’u dzubillahimindzalik!

  16. artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
    astronomi.infogue.com/
    astronomi.infogue.com/matahari_sebgian_dengan_bumi_penuh

    anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca seluruh tanah air. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita INFOGUE yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

  17. eh, tuch beneran matahari?????? w kira bola bowling………… wuakaakaakaaak………………………..

  18. bayangin aja,,,,,bumi qt segitu kecil nya,,,,,,kira2 upil qt keliatan g y dari matahari?????????????hihihihihihi

  19. ya Allah…maha besar pengusa alam dan jagatraya….
    makasi ya untuk semua pembuat blog ini sudah menyadarkan saya dari gejala2 hidup yang ada.ini mengingatkan saya btapa saya hanya setitik pasir/debu yang tidak berdaya.
    thank u3x,,,,,,

  20. allahuakbar ! subhanallah
    matahari jauh bgt aja msih brasa pnasnya, apalgi dket ! hihi,.
    d padang mahsyar nnti cuma 3 meter jraknya dri kpala..
    maha besar Allah yg mnciptakan langit dn bumi !!

  21. Takut…
    Gimana kalo sampe matahari di atas ubun-ubun qita?
    Nauzubillahi min zalik..

  22. ..YA ALLAH berkahilah umurku ini yang entah tinggal berapa lama lagi, tunjukan pada hambamu ini jalan yg lurus hanya untuk-MU YA ALLAH..

    ..dan berikanlah kami pintu hidayah yang selebar-lebarnya menuju ridha-MU YA ALLAH..amien ya Rabbal Alamin.

  23. massa allah bagus dan serem banget

  24. Subhanallah,walhamdulillah,walailahilallah,allahuakbar..
    Subhanallah,walhamdulillah,walailahilallah,allahuakbar..
    Subhanallah,walhamdulillah,walailahilallah,allahuakbar..

  25. Allah yang maha besar,telah menciptakan segala sesuatu utk kita, wajib disyukuri dengan penghambaan kepadaNya, Subhanallah,walhamdulillah,walailahilallah,allahuakbar..

  26. llah yang maha besar,telah menciptakan segala sesuatu utk kita, wajib disyukuri dengan penghambaan kepadaNya, Subhanallah,walhamdulillah,walailahilallah,allahuakbar..

  27. pengen lihat perbandingan matahari dgn planet betelgeuse yg diameternya 550x dr matahari dan jaraknya 600 tahun cahaya kayak apa itu bumi d banding betelgeuse ?

  28. 4JJI AKBAR, MAHA BESAR ALLAH YANG MENCIPAKAN LANGIT DAN BUMI BESERTA YANG BERADA DIANTARA KEDUANYA….

  29. SubhaNalloh….
    We beNer2 ta’Jub cUy…
    aLLohhuakBaR!!!!

  30. gede benget,super gede banget. semoga matahari gak jatoh,menimpa bumi. mataharinya aja udah gede apalagi penciptanya?! pasti super xtra gede banget.

    ………..OM NAMAH SHIVA YA…….

  31. iia Tuhhann.
    sumpringg dahh.
    gde sangadhh tu mataharii!!
    huehhh.

  32. subhanallah , maha suci allah atas segala ciptaan nya….. bayangin az matahari az di gambarkliatan serem apalagi NERAKA !!!

  33. subkhanallah maha suci ALLAH segala puji bagimu…!!!

  34. MasyaAllah…… bisa kebayang Kebesaran Allah Ya Rabb.

  35. SUBHANNALOH bumi kecil banget yaaaaaa

  36. asslam…. Alhmdllah, Allah telah menciptakan bumi dan matahari sesuai dengan orbit dan kordinatnya… tidak terlalu dekat(panas) dan tidak terlalu jauh(dingin),,, yang membuat perubahan pada diri bumi yang diciptakan sesuai kodratnya adalah kita sebagai manusia… yang banyak merusak ,,,,, semoga dengan testi nie… Mari kita semua jaga bumi kita dari kerusakan,,,,,^^ wasslam

  37. ternyata matahari besar juga ya.gak nyangka bumi di foto tadi cuma sebesar merica…………… luar biasa!!!!!!!!!!!!1

  38. subhanallah…piturenya bagus banget… izin mengcopy yan buat pembelajaran sains disekolah

  39. Ya Rabb begitu besar ciptaanMu, telah menciptakan langit dan bumi yang sangat sempurna dan sesuai dengan tempat serta fungsinya masing-masing.
    SUBHANALLAH…………………………YAA RABB

  40. Wiezz.. ternyata matahari segede gitu ya.. kebayang kalo meledak….

  41. subhanalllaaaahhh

    ini masih matahari dan bumi… belum termasuk jagat raya…….dimana kita……bagaikan debu yang tak berharga……
    pernahkah kita bayangkan kalau kita amat kecil….

  42. maha besar allah yang menciptakan matahari kebayang klo kiamattt massa ALLAh TOBAAAAAAAAAAAAAAAAA…T

  43. tobaaaattttttttttttttttttttttttttttttttt bayangin klo bumi ada 1 m dari bumi kitan kabarnya matahari lebih besar dari bumi apalagi kitaaa manusiaa….

  44. oh..my GOD ALLAH SWT………forgive me

  45. cba byangkan klw matahari b’ada d atas kta . ap jdix kta ? ?

    SUBHANNALOH

  46. Artike anda cukup menarik dan terkesan di hati saya………

  47. bayangkan saudaraku, itulah neraka jahannam yang telah disiapkan Alloh ubtuk hambanya yang fujur

  48. maha besar engkau ya Allah atas ,segala sesuatu yang telah kau ciptakan dari bumi dan seluruh alam semesta ini ,ya Allah jadi kan lah kami termasuk orang2 yang pandai mensyukuri nikmatmu.Amin…………….

  49. ALLAHUAKBAR,,,,,,,
    maha besar ALLAH,,,yang udah nyiptain segala ciptaannya yang penuh dengan segala ketakjuban ……..

  50. ya AMpuN Klo bUMi keciIL baNGEt qTA sEBErapA yAW…

  51. . b’t0batLah waHai mUa maNusia* . . . . .
    .
    .
    .

  52. Matahari dan bumi.ibarat kambing ama tainya. kambing mataharinya.tai buminya.

  53. subhanallah ciptaan allah yang indah .

  54. ALLAHUAKBAR…
    kita emg kecil bgt…

  55. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh,

    Singkat sakja, mohon pendapat akhii mengenai artikel di bawah ini, yang bagi ana sangat membingungkan.

    Barakallhu fiikum….
    Wassalamualaikum Warahmtulaahi Wabarokatuh.

    ————————————–

    Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin

    Pertanyaan
    Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin ditanya: “Apakah Matahari berputar mengelilingi bumi?”.

    Jawaban.
    ” Dhahirnya dalil-dalil syar’i menetapkan bahwa mataharilah yang berputar mengelilingi bumi dan dengan perputarannya itulah menyebabkan terjadinya pergantian siang dan malam di permukaan bumi, tidak ada hak bagi kita untuk melewati dhahirnya dalil-dalil ini kecuali dengan dalil yang lebih kuat dari hal itu yang memberi peluang bagi kita untuk menakwilkan dari dhahirnya. Diantara dalil-dalil yang menunjukkan bahwa matahari berputar mengelilingi bumi sehingga terjadi pergantian siang dan malam adalah sebagai berikut.

    [1]. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman tentang Ibrahim akan hujahnya terhadap yang membantahnya tentang Rabb.

    “Artinya : ….Sesungguhnya Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkanlah dia dari barat,….” [Al Baqarah : 258]

    Maka keadaan keadaan matahari yang didatangkan dari timur merupakan dalil yang dhahir bahwa matahari berputar mengelilingi bumi.

    [2]. Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman juga tentang Ibrahim.

    “Artinya : Kemudian tatkala dia melihat matahari terbit, dia berkata: ‘Inilah Tuhanku, ini yang lebih besar’, maka tatkala matahari itu terbenam dia berkata : ‘Hai kaumku, sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan.’” [Al-An’am : 78]

    Jika Allah menjadikan bumi yang mengelilingi matahari niscaya Allah berkata: “Ketika bumi itu hilang darinya”.

    [3]. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

    “Artinya : Dan kamu akan melihat matahari ketika terbit, condong dari gua mereka berada disebelah kanan, dan bila matahari itu terbenam menjauhi mereka ke sebelah kiri sedang mereka berada dalam tempat yang luas dalam gua itu….” [Al-Kahfi : 17]

    Allah menjadikan yang condong dan menjauhi adalah matahari, itu adalah dalil bahwa gerakan itu adalah dari matahari, kalau gerakan itu dari bumi niscaya Dia berkata: “gua mereka condong darinya (matahari)”. Begitu pula bahwa penyandaran terbit dan terbenam kepada matahari menunjukkan bahwa dialah yang berputar meskipun dilalahnya lebih sedikit dibandingkan dilalah firmanNya “(condong) dan menjauhi mereka)”.

    [4]. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

    “Artinya : Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang,matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.” [Al-Anbiya’ : 33]

    Ibnu Abbas radhiallahu anhu berkata: “Berputar dalam suatu garis peredaran seperti alat pemintal”. Penjelasan itu terkenal darinya.

    [5]. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

    “Artinya : ….Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat,…” [Al-A’raf : 54]

    Allah menjadikan malam mengejar siang, dan yang mengejar itu yang bergerak dan sudah maklum bahwa siang dan malam itu mengikuti matahari.

    [6]. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman

    “Artinya : Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang banar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” [Az Zumar : 5]

    FirmanNya: “Menutupkan malam atau siang” artinya memutarkannya atasnya seperti tutup sorban menunjukkan bahwa berputar adalah dari malam dan siang atas bumi. Kalau saja bumi yang berputar atas keduanya (malam dan siang) niscaya Dia berkata: “Dia menutupkan bumi atas malam dan siang”. Dan firman-Nya: “matahari dan bulan, semuanya berjalan”, menerangkan apa yang terdahulu menunjukkan bahwa matahari dan bulan keduanya berjalan dengan jalan yang sebenarnya (hissiyan makaniyan), karena menundukkan yang bergerak dengan gerakannya lebih jelas maknanya daripada menundukkan yang tetap diam tidak bergerak.

    [7]. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

    “Artinya : Demi matahari dan cahayanya di pagi hari, dan bulan apabila mengirinya,” [Asy-Syam : 1-2]

    Makna (mengiringinya) adalah datang setelahnya. dan itu dalil yang menunjukkan atas berjalan dan berputarnya matahari dan bulan atas bumi. Seandainya bumi yang berputar mengeliligi keduanya tidak akan bulan itu mengiringi matahari, akan tetapi kadang-kadang bumi mengelilingi matahari dan kadang-kadang matahari mengeliling bulan, karena matahari lebih tinggi dari pada bulan. Dan untuk menyimpulan ayat ini membutuhkan pengamatan.

    [8]. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman

    “Artinya : Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah malam; Kami tanggalkan siang dan malam itu, maka dengan serta merta mereka berada dalam kegelapan, dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai tandan yang tua. Tidaklah mugkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.” [Yaa-Siin : 37-40]

    Penyandaran kata berjalan kepada matahari dan Dia jadikan hal itu sebagai kadar/batas dari Dzat yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui menunjukkan bahwa itu adalah haqiqi (sebenarnya) dengan kadar yang sempurna, yang mengakibatkan terjadinya perbedaan siang malam dan batas-batas (waktu). Dan penetapan batas-batas edar bulan menunjukkan perpindahannya di garis edar tersebut. Kalau seandainya bumi yang berputar mengelilingi maka penetapan garis edar itu bukannya untuk bulan. Peniadaan bertemunya matahari dengan bulan dan malam mendahului siang menunjukkan pengertian gerakan muncul dari matahari, bulan malam dan siang.

    [9]. Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam berkata kepada Abu Dzar radhiallahu anhu dan matahari telah terbenam.

    “Artinya : Apakah kamu tahu kemana matahari itu pergi ?” Dia menjawab: “Allah dan RasulNya lebih tahu”. Beliau bersabda: “Sesungguhnya dia pergi lalu bersujud di bawah arsy, kemudian minta izin lalu diijinkan baginya, hampir-hampir dia minta izin lalu tidak diijinkan. Kemudian dikatakan kepadanya: “Kembalilah dari arah kamu datang lalu dia terbit dari barat (tempat terbenamnya) atau sebagaimana dia bersabda [Muttafaq ‘alaih] [1]

    PerkataanNya: “Kembalilah dari arah kamu datang, lalu dia terbit dari tempat terbenamnya” sangatlah jelas sekali bahwa dia (matahari) itulah yang berputar mengelilingi bumi dengan perputarannya itu terjadinya terbit dan terbenam.

    [10]. Hadits-hadits yang banyak tentang penyandaran terbit dan terbenam kepada matahari, maka itu jelas tentang terjadinya hal itu dari matahari tidak kepada bumi.”

    Boleh jadi disana masih banyak dalil-dalil lain yang tidak saya hadirkan sekarang, namun apa yang telah saya sebutkan sudah cukup tentang apa yang saya maksudkan. Wallahu Muwaffiq.”

    [Disalin dari Majmu Fatawa Arkanul Islam, edisi Indonesia Majmu Fatawa Solusi Problematika Umat Islam Seputar Akidah Dan Ibadah, Penulis Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, Terbitan Pustaka Arafah]
    _________
    Foote Note
    [1] Dikeluarkan oleh bukhari, Kitab Bad’ul Khalqi, bab shifat asy syam wal qamar : 3199, dan muslim, kitab Al Iman, bab Bayan az Zaman al Ladzi la yuqbal fihil Iman : 159 (sumber: almanhaj.or.id)

    Di dalam kitab suci Al-Qur’an, TIDAK ADA satu ayatpun yang secara jelas menyebutkan tentang :
    1. MATAHARI MENGELILINGI BUMI.
    2. BUMI MENGELILINGI MATAHARI.
    Al-Qur’an hanya menyebutkan bahwa Matahari dan Bumi, keduanya bergerak. Apa yang mengelilingi “siapa”, tidak disebutkan.
    Bila kemudian kita meng(ny)atakan bahwa menurut Al-Qur’an yang benar Geosentris atau sebaliknya (Heliosentris); ini adalah penafsiran atau lebih pas persepsi sementara kita.

    Bila kita berkaca pada realita, bukankah fakta bahwa Matahari bergerak dari Timur ke Barat..?

    Namun fakta juga menyatakan bahwa perhitungan matematis/astronomis/falak; misal untuk penentuan posisi benda/Bulan atau Matahari, saat akan terjadinya Gerhana, meski puluhan atau ratusan tahun ke depan… TERNYATA setelah sampai waktunya, perhitungan itu TERBUKTU adanya. Padahal semua perhitungan ini menggunakan kaidah Heliosentris..!!!

    Semoga membantu….

    Wa Alloh a’lam….
    Salam

  56. ALLAHU AKBAR!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! g5n ea TUHAN k0k ica buat sEsuatu kYak g2,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  57. Maha Bercahaya Allah, yg menggerakan Alam Smesta d Isinya. Sgala Daya d Kekuatan, bsumber pd_Nya. Hambanya ta bs menduga Ujud_Nya, tp Allah tunjukan diri dg Pengenalan Sifat2 dirinya. Allahu Akbar

  58. allahu akbar, allah maha besar..
    ciptaan ny z udh bsar bgt apalagi penciptanya..

  59. Ko’ tampilan ngambar dengan keadaan sebenarnya tidak sama.
    jarak matahari ke bumi 150 juta Km, sedang diameter matahari hanya 140 ribu Km, belum lagi diameter matahari hany 100 kali diameter bumi, mestinya tampilan gambar penuhnya tidak seperi itu.

    namanya visual perbandingan ukuran bukan jarak…[]

  60. Maaf diameter matahari hanya 1,4 juta Km, masih jauh lebih panjang jarak matahari ke bumi dibanding diamater matahari.

  61. subhanallah………………………………

  62. jangan ngehina semut kita aja kecil banget

  63. Mulailah menunggu hari dengan bertaqwa kepada Allah
    Okey

  64. sekiranya siapa ya yg Foto matahari di atas?
    kok bisanya foto, apa gag kebakar dlu ye, hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: