Kiblat Masjid kita: melenceng lho?

Berapa derajat melenceng nya..? Sekitar 22 derajat dari arah barat atau melenceng sekitar 11 derajat dari arah selama ini. Saya cek kali ini pakai qibla locator versi Indonesia: RHI QiblaLocator

Warna Merah = Arah Kiblat sebenarnya/semestinya.

Warna Kuning = Arah Kiblat Masjid selama ini …

Warna Hijau = Arah Barat

Jadi kalau mau melakukan pembetulan, ya cukup dibuat garis shof di dalam masjid (meniru masjid Fadlurahman UMS dan lainnya yang serupa) agar shof masjid PPMI Assalaam yang megah ini menjadi shahih.

Besaran ini agak sedikit berbeda dengan perhitungan anak2 CASA ketika melakukan koreksi menggunakan metode Istiwa A’dham yakni sekitar 20 derajat.

masjid_assalaam_ql.jpg

Klik gambar di atas untuk pembesaran..!

Tepat di hari Senin 28 Mei 2007, segenap anggota CASA (Club Astronomi Santri Assalaam) melakukan koreksi bersama atas arah qiblat di lokasi PPMI Assalaam. Tempat-tempat yang digunakan untuk menentukan arah qiblat masing-masing: Masjid Jami’ Assalaam, Kantor Pusat Assalaam, Wisma Assalaam, Ruang Tamu, Lapangan Basket Putri dan Rayon Putra, serta Depan Gelora Asalaam (depan Prasasti).

Upaya ini dilakukan sebagai wujud kepedulian CASA kepada nilai-nilai syar’i di lingungan PPMI Assalaam, khususnya dalam melaksanakan ibadah yang disayari’atkan menghadap kiblat. Dari data yang kita dapatkan, bahwa masjid Asslaam yang sudah menjadi sentral ibadah penghuni Assalam dan warga sekitar, arah kiblatnya masih mengalami kesalahan sekitar 20 derajat dari arah yang sekarang berlaku. Hasil kerja anak-anak yang hobi astronomi ini segera dikonfirmasikan ke pihak Pondok, via Pembimbing CASA.

Namun karena konfirmasi sebatas lisan, maka jawaban pihak Pondok pun kurang memberikan respon dalam arti akan merubah dan membetulkan arah kiblatnya Masjid. Disamping kepedulian ilmu yang amali semacam ini, saya yakin tidak hanya di Pondok Assalaam, namun dimanapun, mayoritas Ummat Islam…ya yang penting ikuti saja yang sudah ada.

Setahu saya, orang yang beramal tanpa ada dasar ilmu, akan ditolak. Maka walau anak-anak CASA meminta saya berorasi di mimbar dengan harapan seluruh santri dan jama’ah menjadi faham adanya, saya pikir upaya melakukan koreksi secara kolosal dan disaksikan banyak orang yang melintas area koreksi arah kiblat (tempat2 di atas) sudah cukup memanggil dan mendakwahkan misi ini.

Namun selebihnya tetap saja kembali kepada kepedulian atas ilmu dan amal. Berawal dari Niat, gitulah kira2…Ber-Ilmu yang Amaliyah, dan Ber-Amal yang Ilmiah, moga2 amal kita diterima dan diridloi-Nya.

Beberapa gambar saat dilakukan pengambilan data arah kiblat pada saat matahari tepat di titik Zenit Ka’bah 28 Mei 2007 ,  ada di link ini:

 http://pakar.blogsome.com/2007/05/29/koreksi-arah-qiblat/

Sedang makna arah kiblat berikut pantauan arah kiblat dengan qibla lokator di beberapa masjid, selengkapnya di link berikut:

http://pakar.blogsome.com/2007/06/28/makna-arah-kiblat/

Wa Allahu a’lamu bish showwaab…

5 Tanggapan

  1. […] menyimpang. Lihat contoh di foto udara masjid Agung Yogyakarta ini. Dan masih ada juga contoh di tulisan […]

  2. […] menyimpang. Lihat contoh di foto udara masjid Agung Yogyakarta ini. Dan masih ada juga contoh di tulisan […]

  3. Masak sih kok kebanyakan masjid di jogja banyak yg melenceng

  4. Masak sih kok kebanyakan masjid di jogja banyak yg melenceng qiblatnya,apa gk dikopas dulu sebelum mendirikan bangunan masjid tsb.

  5. […] Kiblat Masjid kita: melenceng lho?, https://blogcasa.wordpress.com diakses pada tanggal 14 Februari 2010 […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: