Rukyah Hilal Tua Shafar 1429 H

hilal_tua_sha29_pakarfisika.jpg

Santri PPMI Assalaam yang tergabung dalam kelompok Ilmu Falak atau CASA (Club Astronomi Santri Assalaam) Jum’at pagi (7/3) selepas sholat shubuh melakukan praktikum ilmu Falak.

Ilmu Falak yang dipraktikkan kali ini adalah tentang penentuan akhir bulan Shafar 1429 H. Hari Jum’at tgl 7 Maret 2008 adalah bertepatan dengan 29 Shafar 1429 H. Dan berdasar perhitungan konuungsi atau ijtimak bulan dan matahari atau bertemunya dua bulan (Shafar dan Rabiul Awwal 1429 H) adalah tgl 7 Maret 2008 jam 00:1WIB.

Acara dilaksanakan di lantai teratas gedung Asrama KAPATRA II dan diikuti sekitar 25 santri anggota CASA dengan seorang pembimbing pengasuh CASA. Data untuk lokasi PPMI Assalaam yakni (7 deg 33′ LS, 110 deg 46′ BT, GMT+7, 111 dpl) menunjukkan Bulan terbit jam 05:04 WIB dan Matahari terbit jam 05:41 WIB.

Pengamatan dilakukan dari jam 05:10, saat kira2 bulan pada ketinggian 2,5 deg sampai dengan jam 05:45 saat matahari benar2 telah tebit. Selama pengamatan, cuaca menang kurang mendukung karena awan hitam menyelimuti sebagian area pengamatan.

Sekitar 10 menit menjelang SunRise, ada titik terang di antara celah2 awan hitam, dan menurut sebagian peserta yang melihatnya itu adalah Hilal, yaa hilal tua bulan Shafar 1429 H. Pengakuan ini diragukankan Pengasuh karena sesuai dengan pamandu hilal yakni SNPP 6 yang terus menjejak posisi Hilal memang benar, namun sangat tipis perbedaannya dengan warna/cerahnya langit timur. Lebih2 pengamatan tidak memakai alat kecuali mata.

Objek kemudian diabadikan, dan setelah dicek lewat kamera masih belum nampak jelas kalau itu adalah Hilal. Para santri akhirnya mendapatkan sebuah pangalaman betapa sulitnya melihat bentuk Hilal dengan altitude hilal sekitar 7 deg. Sebuah garis tipis warna putih diantara celah awan hitam yang cukup tebal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: