Road Show Astronomy

Pengurus CASA Pa 2007/2008Pada hari Jum’at (berdasar kalender Islam) jam malam hari (21.00-23.00 WIB) atau dengan memakai patokan umum yang selama ini berlaku -pada malam Jum’at (Kamis malam)-, di sebuah lokasi dengan koordinat  7.554141692027783 lintang selatan dan 110.770272199693 bujur timur dan 111 m di atas permukaan laut serta GMT+7,  CASA | Club Astronomi Santri Assalaam menggelar agenda internal yakni Road Show Astronomi.

RoadShow CASA 17 April 2008Dalam Road Show kali ini, sekitar 23 santriwan anggota CASA terlibat aktif dan berusaha melakukan sendiri observasi dan pengamatan langit malam di sekitar PPMI Assalaam. Malamini (17/4) langit Solo sangat mendukung untuk dilakukan pembelajaran Astronomi. Lebih-lebih pemandangan rembulan yang baru sekutar 94% dari purnamanya, sangat memberi semangat tersendiri bagi para pelajar yang memang memiliki hobi dalam dunia alam semesta. Kata para astronom amatir yang tergabiung dalam stargazer, “Dark Sky and Clear Sky”.

Acara dimulai setelah seluruh santri melakukan kegiatan wajib yakni Muhadloroh (latihan berpidato) yang dilaksanakan di kelas dan di lapangan terbuka. Bagi santri anggota CASA, walau badan mestinya sudah letih dan mata mestinya sudah sayup, namung kesempatan malam ini rasanya sangat sayang bila harus dilewatkan tanpa melakukan sesuatu ytang berarti.

RoadShow CASA 17 April 2008

Teori tentang metode observasi sedikit diberikan oleh Pengasuh CASA, setelah sebelumnya membuka road show dengan bacaan ‘hamdalah’ sebagai ungkapan kseyukuran kepada Allah SWT atas nikmat malam yang indah ini. Awalnya memang langit tampak agak mendung dan berawan cukup tebal, namun daripengalaman kalau kita menunggu semakin malam, maka langit akan menjadi semakin cerah. Ternyata prediksi itu tidak meleset, dan langit memang kembali menampakkan wajahnya yang mempesona dengan latar utama, sebuah Bulan di sekitar titik Zenith.

Road Show kali ini lebih menarik karena, para santri disuguhkan visualisasi alam semesta secara multimedia. Dengan bantuan software planetarium SNPP 6 nya StarryNight, gerakan alam semesta bisa kita saksikan di depan mata dengan skala yang bisa kita atur dan sesuaikan dengan keinginan. Dengan kekayaan minimal 100 ribu galaksi dan 500 ribu bintang yang telah terdata, kita bisa mencari dan mengenal objek alam semesta secara grafis.

RoadShow CASA 17 April 2008

“Melihat Bulan, memerlukan kesabaran”, kata Maulana Miftahul Khairi (santrikelas XI IPA MA) salah seorang pengurus CASA di depan para rekannya. Apalagi dengan teleskop yang ringan seperti yang dipakai pada malam ini. Sedikit saja kena gerakan, maka hilanglah objek yang tadinya jelas. “Padahal untuk menfokuskan saja sudah sangat sulit, kalau belom terbiasa“, lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, para santri berkesempatan untuk nampang berpoto dengan latar bermacam objek langit sesuai permintaan. Ada yang mau latar Bulan yang malam ini sedang dilihatnya, ada pula yang maunya nampang di depan model galaksi Bima sakti yang sangat ramping bila dilihat dari sisi samping.

RoadShow CASA 17 April 2008

Akhirnya, sekitar jam 22.30 WIB, acara harus diakhiri karena waktu istirahat telah tiba, dengan pesan untuk tidak telah bangun pagi dan jangan sekali-kali terlambat sholat jama’ah shubuh di masjid, karena dengan dua roka’at fajar saja, pahalanya tidak tertandingi dengan materi di alam semesta yang barusan kita saksikan malam ini.

Astronomi memang perlu kita galakkan, karena kita tertinggal dari negara tetangga semisal Malaysia, juga antara lain karena minat Astronomi di kalangan pelajar di negeri ini masih minim. Lihat saja misalnya, petan PT yang juga tidak segencar bidang sains lainnya. Astronomi setahu CASA hanya ada di ITB, itupun hanya menerima mahasiswa dalam jumlah yang sangat sedikit. Terlepas dari sulit atau mudahnya ilmu astronomi, tetapi iklan kita terhadap ilmu ini jujur sangat rendah.

CASA belajar astronomi, karena dalam al-Qu’an banyak disebutkan kajian astronomi bahkan nama surat saja sampai ada yang bernama objek astronomi; lihat saja al-qomar (rembulan), al-syams (matahari), al-najm (bintang), dll dll…[]

Also See : bintang syi’ra (sirius)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: