Hilal Tua Jumadal ‘Ula 1429 H

CASA memburu Hilal Tua JUA29Hilal Tua atau Old (Waning) Crescent bulan Jumadal ‘Ula 1429 H, gagal terlihat di lokasi PPMI Assalaam 7deg33menit S, 110deg46menit T, elevasi 111 meter, zona=GMT+7. Awalnya sangat optimis, karena ketingian Hilal di atas 10deg. Namun saat mulai pengamatan, ternyata horizon timur dipenuhi awan putih namun cukup tebal dan merata.

Pengamatan diikuti sekitar 20 santriwan anggota CASA dipandu langsung oleh pengasuh CASA, ustadz AR Sugeng Riyadi sekaligus mendapatkan support dari sesepuh Ma’had, K.H. Ahmad Rosyidi Asyrofi, Lc. Kehadiran Ustadz Rosyidi menambah daya dorong khusus kepada para santri anggota CASA untuk terus belajar ilmu Falak ini.

CASA memburu Hilal Tua JUA29

Ustadz Rosyidi adalah salah satu staf pengajar di PPMI Assalaam dan termasuk senior, bahkan saat ini beliau mendapatkan amanah dari YMPIS sebagai ketua Dewan Kyai PPMI Assalaam. Dalam cerita, beliau ternyata juga pelaku Falak yang sudah berpangalaman, karena beliau juga pernah melakukan rukyah hilal di beberapa lokasi di Indonesia ini. Dan beliau mengatakan, melihat hilal ini sulit.

Kegiatan ini sebenarnya, agak ragu mau diadakan oleh pengurus CASA, pasalnya saat ini seluruh santri Assalaam sedang sibuk dengan ujian lisan, dan Rabu depan sudah harus memasuki ujian tulis semester 2 tahun pelajaran 2007/2008. Setelah melalui diskusi (pada Senin sore selepas Ashar) dengan pengasuh, akhirnya disepakti tetap dilaksanakan.

Akhirnya, ketua CASA Maulana Miftahul Khoiri mencoba mengajukan ijin kepada bagian Kesantrian ustadz Qamaruddin untuk dilaksanakannya Rukyah Hilal Tua penentuan akhir bulan Jumadal Ula 1429 H ini. Ketua CASA mengajukan 20 santri untuk diijinkan tidak mengikuti qiro’ah ba’da Shubuh dan tidak menguikuti belajar wajib selepas tadarus di Masjid.

Selanjutnya, ketua Asrama Kapatra 2, Muflih Arisa Adnan menyiapkan tempat untuk pelaksanaan rukyah, dan si Iqbal Azhari membantu mengambil dan menyiapkan peralatan Rukyah berupa teleskop, binokuler, tracker, kamera, tripod, dan laptop.

Setelah semua ACC, akhirnya plong sudah CASA untuk melaksanakan agenda rutin bulan yakni Rukyah Hilal Tua di lantai teratas kompleks asrama Kapatra 2, disamping agenda rutin lain yakni Rukyah hilal muda yang dilaksanakan sehari setelah rukyah hilal tua. Untuk rukyah hilal muda bulan ini, sepertinya tidak dilakukan serempak melibatkan peserta karena memang altitude sangat rendah yakni 5 derajat saja.

Walau masih belum berhasil, semua peserta Rukyah Hilal Tua Jumadal ‘Ula 1429 H, pulang dengan rasa senang dan bangga serta penuh kesyukuran telah bisa melakukan pembelajaran berbasis amal atau praktik langsung. Sembari melihat teori di laptop dan penjelasan dari ustradz/pengasuh, para santri bisa langsung melihat dan membuktikan bahwa yang dipelajarinya bisa dirasakan sebagai sebuah ilmu dan amal sholeh.

Semoga rukyah di bulan berikutnya membawa hasil…amien 19x.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: