Astronomy Camp

IYA 2009

IYA 2009

Tahun 2009 adalah  “Internasional Astronomy Year”, dan dikenal dengan International Year of Astronomy 2009. Dalam logonya, terdapat kata – kata  ‘The Universe Yours to Discover’, yang menunjukkan bahwa kita dapat menjelajahi jagad raya ini, karena mereka adalah milik kita. Dan dalam rangka memperingati InternationlaYear of Astronomy 2009, anggota CASA putri mengadakan acara Astronomy Camp pada Senin 8 Jan 2009. Di dalam acara ini, terdapat beberapa kegiatan yang bermanfaat dan bervariasi. Kegiatan itu meliputi :


1. Nonton science film, yang berjudul Sun Shine
Film ini memberikan inspirasi kepada kita bahwa untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik, pasti dibutuhkan suatu pengorbanan, walau harus mengorbankan diri sendiri.

CASA Pi Nonton Video Astronomy

CASA Pi Nonton Video Astronomy

2. Mengamati indahnya langit dan tenangnya alam di tengah malam
Event ini sangat berharga karena event ini jarang kita lakukan, di mana kita tidak dikejar – kejar waktu, tidak terlalu diganggu kebisingan kota, dan sebagainya. Pada mulanya, langit masih mendung, karena memang sebelumnya hujan tak henti – hentinya turun, tetapi hal itu tak mengurungkan niat para anggota CASA.

Observasi Langit malam hari memang asyiik

Observasi Langit malam hari memang asyiik

Observasi galaksi dgn teleskop

Observasi galaksi dgn teleskop

3. Shalat tahajud bejama’ah
Shalat tahajud dilaksanakan sekitar pukul 3.00 WIB, dan dilakukan secara berjama’ah.

Sholat Tahajjud tuk menggapai maqom yg tinggi

Sholat Tahajjud tuk menggapai maqom yg tinggi

4. Membaca Asma’ul husna
Setelah melaksanakan shalat tahajud, kita membaca Asma’ul husna, agar tidak tidur selepas shalat tahajud, meski beberapa anggota terlihat masih mengantuk. Kami mengulanginya  berkali – kali.

5. Shalat subuh berjama’ah
Untuk shalat subuh, dilakukan berjama’ah di dalam masjid.

6. Tadarus Al-Qur’an
Setelah shalat subuh di masjid, kami kembali ke ruangan, kemudian acara dilanjutkan dengan kegiatan tadarus Al-Qur’an. Kali ini, tadarus dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, yaitu dengan bantuan Qur’an digital.

7. Lari pagi
Untuk merefreshkan otak kita, dan untuk menjaga kesehatan tubuh kita, kami melakukan lari pagi, di mana udara masih cukup segar.

8. Pembagian doorprize
Kegiatan di penghujung acara adalah pembagian doorprize yang diberikan kepada beberapa anggota yang dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh panitia.

Kiranya, acara ini dapat berkesan meski terlambat dalam pelaksanaanya, yang mana seharusnya dilaksanakan pada tanggal 1 Januari 2009. Dan diharapkan, pada tahun ini, ilmu Astronomi dapat semakin berkembang, khususnya di antara anggota CASA, umumnya di kalangan umum.

Happy IYA 2009

Happy IYA 2009

by: Pengurus CASA Putri 08/09

2 Tanggapan

  1. wah serunya yah,, saya pribadi sngat mengapresisasi kegiatan seperti ini, di smping ilmiah juga religius,mudah2n dapt hikmah yang positif bagi generasi muslm ke depan…

    • subhanallah. demikianlah semakin kita tau tantang langit maka semakin besar pula rasa pengagungan kita kepada-Nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: