Astronomy Day 2009

logo_casa_astroday20091Alhamdulillah, Sabtu 2 Mei 2009; CASA-Club Astonomi Santri Assalaam berhasil melaksanakan semua agenda tahunan ini dengan lancar dan baik. Selama Astroday 2009 ini CASA menggelar setidaknya 3 acara besar dan satu acara spesial. Tiga menu masing-masing 1) Workshop Ilmu Falak, 2) Talkshow “Astronomi untuk Pendidikan”, dan 3) Pameran Astronomi,  serta yg spesial 4) Deklarasi ‘Solo Astro Club’

Semua agenda dimulai pada Sabtu dan berakhir pada Sabtu malam, kecuali untuk pameran yang masih dibuka sampai Ahad (3/5) sore. Dan seluruh rangkaian peringatan Hari Astronomi Dunia tahun 2009 ini diikuti wajib oleh semua anggota CASA serta partisipan yang mendaftar dengan jumlah dibatasi.

Acara ini disupport secara khusus oleh Jogja Astro Club, sebagaoi partner

1. Workshop Ilmu Falak / Islamic – Astronomical

Acara diikuti sekitar 120 peserta, mewakili siswa dan siswa atau santri PPMI Assalaam dan juga peserta dari utusan lembaga; baik Ormas Islam juga Pesantren lain di sekitar Surakarta. Acara dimulai agak molor, karena ada beberapa kendala teknis, namun tidak mengurangi keutuhan dari semangat para peserta. Acara berlangsung sekitar2 jam dari 14:30 – 16:30 WIB.

Pemateri utama pada workshop kali ini adalah Drs. Muslich Husein, M.Ag. Dosen pada STAIN Pekalongan-penyusun buku praktis arah kiblat.

Workshop Arah kiblat

Workshop Arah kiblat

Dalam uraiannya yang cukup detail, Pak Muslich menjabar definisi dan cara menentukan arah kiblat, dilanjutkan sessi tanya-jawab dan pemberian doorprise, yakni buku karya beliau yang disipkan khusus untuk peserta yang cepat dan akurat dalam menjawab pertanyaan yang beliau ajukan.

Acara diakhiri dengan ramah-tamah antara peserta yang merupakan utusan atau undangan khusus; membahas beberapa hal yang mungmin bisa dilanjutkan untuk pengembangan ilmu falak ini di wilayah Sol-Raya dan sekitarnya.

2. Talkshow “Astronomy for Education”

Ini merupakan acara yang paling favorit bagi CASA di setiap event ini. Agenda ini memang khusus warga CASA dan peserta di luar anggota yang sudah harus terdaftar, mengingat terbatasnya tempat.

Diikuti sekitar 100 peserta, Talk Show dengan emngambil tema “Astronomi untuk Pendidikan” ini dimulai sekitar jam 20:30 WIB, dan berakhir sekitar jam 22:30 WIB.

Rangkaian acara Talkshow adalah sessi penjelajahan dunia Astronomi dan juga kembali mengulang ‘metode’ menentukan Hari Astronomi. 1) Hari Astronomi adalah jatuh pada hari Sabtu. 2) Hari Astronomi jatuh pada sekitar medio April – medio Mei, dan 3) Jatuh pada saat fase Bulan seperempat awal.

Seminar dan Talkshow

Seminar dan Talkshow

Hari Astronomi 2009, telah diketahui jatuh pada Sabtu, 2 Mei 2009. Untuk bangsa Indonesia,  tanggal 2 Mei adalah hari istimewa, yakni Hari Pendidikan Nasional. Untuk itulah CASA memilih tema untuk agenda unggulan pada event kalai ini adalah “Astronomi for Education”.

Dalam Talkshow, Ustadz AR selaku pengasuh CASA mengawalinya dengan guyonan segar, nerupa info bahwa pada 2 Mei ini, anak pertamanya juga dulu 6 tahun lalu lahir, bersamaan dengan hari pendidikan nasional 2 Mei 2003.

Selanjutnya, mengenang kembali sejarah CASA yang telah lahir sejak 4 tahun lalu; kini CASA sudah mulai beranjak besar dan semakin banyak memiliki kenalan.

Termasuk dalam melaksanakan event besar ini, meski CASA belum sempat mempublikasikan secara internasional (laporan akan dilakukan), ternyata beberapa wartawan lokal sempat melihat acara ini dan meliputnya.

Astronomi untuk Pendidikan sudah lama dan sejak CASA berdiri berupaya dikembangkan. pendidikan dalam bentuk yang sangat luas, dapat diimbuhi dan disisipi baik secara langsung maupun tidak; beberapa muatan materi yang bersinggungan dengan astronomi. Sebagai misal: ketika belajar sholat, maka di dalam ada gerakan yang secara hakikat juga dilakukan oleh semua materi di alam raya ini.

Begitu juga untuk mapel lain, bisa diberikan imbuhan selingan muatan astronomi, sehingga penyampaiannya bisa sedikit berbeda diterima anak didik; dan pola semacam ini yang agaknya membuat penasaran anak didik. Penasaran akan emnimbulkan rangsangan lebih dalam memahami materi yg disampaikan.

Talkshow di dalam ruangan atau Indoor saja kurang ada gairah lebih, maka sebagai bentuk pembelajaran faktual; Talkshow ini dilanjutkan dengan menggelar praktikum denag dipandu simulator untuk melihat langit malam hari.

Malam itu memang sesuai fase Bulanyang first Quarter, maka onjek paling indah di langi adalah sang Rembulan. Tetapi objek lain yang tidakkalah menarik juga bisa diapati, yakni bintang dan juga planet. Bahkan malam itu ustadz AR menjelaskan bahwa Galaksi Bima Sakti, bisa dilihat bentuknya, termasuk lokasi pusatnya.

Dari wilayah Solo, pusat Galaksi Bimasakti malam itu terletak pada langit sebelah timur tenggara. Kumpulan bermilyard bintang ini hanya akan nampak agak jelas, bila dilihat dalam jangka agak lama dengan bikuler, lebih2 teleskop.

Kebetulan malam itu,pameran masih ramai; dan binokuler serta teleskop menjadi salah satu suguhan yang paling laku, didukung cuaca yang sangat cerah di kota Solo pada Sabtu, 2 Mei 2009 ini.

3. Astronomy Expo

Bermodal semangat yang tinggi, anak-anak CASA bertekad memberikan info yang sebaik-baiknya kepada khalayak dan masyarakat tentang dunia astronomi lewat event Hari Astronomi Dunia, yang jatuh pada Sabtu 2 Mei 2009 ini.

CASA menggelar Pameran Astronomi yang dipusatkan di kantor Humas PPMI Assalaam, teras luar untuk pamertan dan ruangan dalam untuk pemutaran video.

Astro Expo CASA - Putra

Astro Expo CASA - Putra

Materi pameran sangat beragam meskimasih sangat sedikit bila dibanding kan lengkapnya koleksi pameran yang ada di dunia internasional, khususnya di negara-negara maju.

Astro Expo CASA - Putri

Astro Expo CASA - Putri

CASA menampilkan beberapa alat antara lain:

  1. Teleskop (3 buah = 2 model refraktor dan 1 reflektor)
  2. Binokuler (berbagai ukuran)
  3. Kacamata Matahari,
  4. Rubu’ al-Mujayyab,
  5. Globe bumi,
  6. Bola Langit,
  7. Peta Langit,
  8. Penunjuk Fase Bulan,
  9. Kompas Arah Kiblat praktis,
  10. Buku-buku Astronomi,
  11. Sticker,
  12. Pembatas buku,
  13. dan Souvenir2…

4. Declaration – “Solo Astro Club”

Malam itu, setelah sekitar 4 tahun menunggu, kota Solo belum ada sebuah komunitas yang mewadahi hobi astronomi bagi warganya, maka CASA lewat pengasuhnya ustadz AR Sugeng Riyadi bertekad dan memberanikan diri untuk mendirikan sebuah Komunitas Astronom Amatir di wilayah kota Solo dan sekitarnya.

Terbentuklah sebuah wadah, yang malam itu Sabtu, 2 Mei 2009 dideklarasikan yakni “Solo Astro Club”.

Komunitas ini sementara beranggotan 2 orang, yakni AR Sugeng Riyadi sebagai deklarator sekaligus pendiri Solo Astro Club dan Drs. Isfihani sebagai sesepuh CASA. Acara ini disaksikan seluruh peserta seminar dan talkshow “Astronomi untuk Pendidikan”

Dalam sambutannya, Drs. Isfihani menjelaskan, bahwa kita ini sangat kecil, sebab alam raya ini sangat besar dan luas. Kita harus mengenal alam semesta ini supaya kita juga mengenal diri kita. Selanjutnya, kita akan mengenal siapa pencipta kita. Subhanallah….

“Bringing Astronomy to The People”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: