Qiblah Day by CASA

Qiblah Day 2009

Qiblah Day 2009

Qibla Day 2009, Kamis 28 Mei (dan 16 Juli) 2009, oleh CASA disambut dengan meletakkan jam matahari karya CASA di selatan Masjid Jami PPMI Assalaam. Jam matahari ini sangat sederhana, karena terbuat dari tiang bantu dan bahan utama jam berupa kayu jati, lalu diberi sebuah tiang kecil vertikal di tengahnya. Meriah deh…apalagi

Dihadiri pula oleh sesepuh PPMI Assalaam, sekaligus ketua Dewan Kyai PPMI Assalaam, yakni ustadz KH. Achmad Rosyidi Asyrofi, Lc. Beliau hadir dan memberikan nasehat kepada kita2 warga CASA, agar serius dan semangat belajar astronomi lebih2 ilmu falak.

Pesan Ust. KH. Rosyid Asrofi, “Bahwa ilmu falak atau astronomi adalah sangat penting sekali, sedikit sekali pondok pesantren yang mengajarkan tentang ilmu falak, oleh karena itu berkaitan dengan hari arah kiblat ini, manfaatkan kegiatan yang dilaksanakan oleh CASA ini untuk menimba ilmu “.

Pengasuh CASA Ustadz. AR Sugeng Riyadi, dalam sambutannya juga mengajak kepada seluruh santri dan anggota CASA untuk dapat mengenal lebih dekat tentang arah kiblat ini.

“Arah kiblat adalah sangat penting khususnya bagi kaum muslimin karena dari sanalah panduan kita dalam menunaikan ibadah sholat”.

Kegiatan ini diakhiri dengan peletakan tanda arah kiblat atau Jam Matahari, yang langsung dilakukan oleh Ustad. KH. Rosyidi Asrofi dengan disaksikan oleh para anggota CASA. Tepat pukul 16.20 menit, bayangan benda vertikal dari cahaya matahari, yang saat itu tepat berada persis di atas ka’bah adalah kiblat.

Dari situlah dapat diketahui secara pasti arah kiblat sesungguhnya, lebih khusus untuk mengecek posisi arah kiblat masjid jami PPMI Assalaam. Sekaligus dalam kesempatan ini pula dibagikan tabel 3 bulan jam roshdul kiblat sepanjang masa untuk Jawa dan Madura.

Semoga kegiatan ini dapat menambah kecintaan santri pada ilmu astronomi khususnya ilmu falak, amien..19x

Galery CASA on Qiblah Day 2009:

MC membuka Peringatan Qiblah-Day 2009

MC membuka Peringatan Qiblah-Day 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: