Observasi Bulan Sabit di Yogyakarta

New Crescent Ram30

New Crescent Ram30

Jum’at (20/8) CASA (Club Astronomi Santri Assalaam) baik putra maupun putri, dengan mengendarai tiga mobil, melaju menuju POB (Pusat Observasi bulan) BHR Yogyakarta di bukit Syaikh Bela-Belu Pantai Parangkusumo Bantul DIY. Rombongan putra dipandu ustadz Nova Firnia, dan rombongan putri dipandu ustadzah Sirikit Eko Usdiani. Berangkat sekitar jam 14:00 waktu Solo, dan tiba di lokasi sekitar jam 16:30 waktu yogya. Agenda utama adalah melakukan observasi Bulan pembuka atau penentu awal bulan suci Ramadhan 1430 H.

Setiba di lokasi, ternyata satu mobil lagi menyusul bersamaan, yakni ustadz Sigit dengan ustadz Qomar dan beberapa anak. Dan sekitar jam 17:00 WIB, agenda dimulai dengan membaca basmalah, lalu diisi penjelasan singkat data-data hisab hilal sore atau petang ini oleh ustadz AR.

Tepat matahari terbenam, diperkirakan bulan masih cukup tinggi dan akan bisa dilihat. Namun cuaca sejak keberangkatn sudah berawan, dan awan tebal justru semakin banyak menjelang sunset. Tepat saat sunset, posisi Bulan atau lokasi hilal benar2 tertutup awan.

Warga CASA berusaha menunggu, hilal melintasi celah. Namun, setiap celah yg kecil2 itu setelah disasikan seksama, ternyata sang Hilal tidak juga nongol. Akhirnya Hilal itu gagal kita lihat.

Di lokasilain, Pak Toha dengan rombongannya, di bukit Brambang Pathuk berhasil melihatnya. Rombongan lain di Samas juga bisa melihatnya. Dan awan, meski sama2 di Jogja, bisa saja tidak menguntungkan bagi lokasi tertentu.

Selamat berpuasa…..

Satu Tanggapan

  1. Assalaamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuhu

    Acara Rukyatul hilal sangat seru walau tidak telihat hilalnya karena cuaca yang kurang mendukung. Tapi semoga saja terdapat hikmah yang dapat di ambil dari acara itu. Dan semoga terdapat pengembangan pemikiran santri-santri yang telah mengikuti acara ataupun yang belum sempat mengikuti acara tersebut.

    Wassalaamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakaatuhu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: