Pekan Antariksa Dunia 2009 di Solo

WSW 2009Pekan Antariksa Dunia tahun 2009 ini disambut CASA pada hari terakhirnya. Pekan Antariksa Dunia (PAD) tahun 2009 berlangsung dari 4 – 10 Oktober.  CASA (Club Astronomi Santri Assalaam) mencoba menampilkan agenda yang agak simpel saja. Acaranya sangat sederhana, pokoknya sesuai tujuan utama dari WSW sejak dicanangkan oleh PBB tahun 1999 yang lalu. Dan kita mengambil tema  “Bringing Astronomy and Space to The Students”


SEJARAH WSW:

Dari Langit Selatan dan Dunia Astronomi, kita dapatkan informasi selengkapnya sebagai berikut:

Pekan Antariksa Dunia, tentunya membawa pikiran kita bahwa peristiwa ini adalah peristiwa yang diperingati di seluruh dunia. Tetapi berbeda dengan peringatan-peringatan lainnya, Space Week adalah peristiwa yang diperingati selama seminggu, yaitu dari tanggal 4 hingga 10 Oktober. Lalu apa sebenarnya Space Week itu dan kenapa dipilih tanggal-tanggal itu?

World Space Week adalah perayaan internasional terhadap kontribusi ilmu pengetahuan alam dan teknologi pada kehidupan manusia. Khususnya adalah ilmu yang berkaitan dengan penerbangan ke luar angkasa dan pemanfaatan ruang angkasa untuk kehidupan. Kemudian tanggal 4 – 10 Oktober dipilih karena tanggal-tanggal tersebut memiliki nilai sejarah yang sangat penting.

Pada tanggal 4 Oktober 1957, terjadi peluncuran satelit buatan manusia yang pertama. Satelit itu adalah Sputnik 1 milik Uni Sovyet [kini Rusia]. Peristiwa ini kemudian mengawali eksplorasi ruang angkasa dari banyak negara. Sedangkan tanggal 10 Oktober 1967 dipilih karena adanya penandatanganan “Treaty on Principles Governing the Activites of States in the Exploration and Peaceful Uses of Outer Space, including the Moon and Other Celestial Bodies.” Inti dari perjanjian ini adalah tentang hukum internasional luar angkasa.

Kedua tanggal ini kemudian dipilih oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1999 sebagai peringatan World Space Week yang akan dilakukan setiap tahun. Jadi, dimulailah peringatan Space Week ini pada tahun 2000. Secara umum, Space Week ini memiliki beberapa tujuan yang ditargetkan, yaitu:

  • mendidik masyarakat dunia tentang keuntungan yang diperoleh dari pemanfaatan teknologi ruang angkasa
  • memancing lebih banyak penggunaan ruang angkasa yang lebih baik untuk pengembangan ekonomi.
  • menunjukkan program-program tentang ruang angkasa yang sedang/telah direncanakan
  • memberikan pembelajaran kepada anak-anak tentang masa depan dan ruang angkasa.
  • mengajak perusahaan-perusahaan internasional yang berkaitan untuk membuat kerja sama di bidang pendidikan dan pengembangan teknologi ruang angkasa.

Peringatan Space Week ini dapat dilakukan oleh organisasi pemerintah, industri, sekolah, atau bahkan secara individu juga bisa. Koordinasinya berada di tangan PBB dengan dukungan World Space Week Association (WSWA) dan koordinator lokal di banyak negara. Semua kegiatan untuk memperingati Space Week yang dilakukan di seluruh dunia akan didata oleh WSWA. Data tersebut, dan banyak informasi lainnya, dapat dilihat ke situs resminya di alamat http://www.spaceweek.org.

Selain tujuan, peringatan Space Week juga memiliki tema yang berbeda di setiap tahunnya. Untuk tahun 2007 ini, tema yang diusung adalah “50 Years in Space.” Dalam situs resminya dijelaskan bahwa sejarah penjelajahan ruang angkasa dimulai pada tanggal 4 Oktober 1957 saat peluncuran Sputnik 1. Berarti World Space Week tahun 2007 ini menandai peristiwa yang sudah terjadi 50 tahun yang lalu itu. Tema ini mengajak masyarakat untuk melihat kembali semua yang sudah pernah dilakukan manusia terhadap ruang angkasa, dan juga untuk melihat masa 50 tahun selanjutnya.

Di Indonesia, Space Week sudah mulai dikenal sejak tahun 2003 yang lalu. Saat itu, Himastron (Himpunan Mahasiswa Astronomi) ITB mengadakan serangkaian kegiatan yang bertajuk Space Week 2003 “October Sky.” Kegiatan ini kemudian didaftarkan pada WSWA sehingga dalam situs resmi Space Week dapat kita lihat daftar kegiatan yang diselenggarakan waktu itu. Dan di tahun berikutnya, Himastron ITB kembali mengadakan kegiatan yang juga terdaftar di situs resmi Space Week.

Namun tampaknya di tahun-tahun berikutnya tidak ada penyelenggaraan peringatan Space Week di Indonesia yang didaftarkan ke WSWA. Padahal nama Indonesia dapat terangkat di seluruh dunia dengan terdaftarnya kegiatan Space Week yang diselenggarakan. Jadi, demi kemajuan ilmu astronomi di Indonesia, alangkah baiknya jika peringatan Space Week selanjutnya dapat dikoordinasikan dengan WSWA dan kemudian dapat dilakukan secara rutin di setiap tahunnya.

Pekan Antariksa Dunia 2009 di Solo:

Di Solo, CASA adakan acara ini markasnya di Lab. Astronomi, lab. multimedia dan ruang seminar PPMI Assalaam, CASA selalu ikut andil untuk acara yang semisal, bersama para senior dan rekan di Indonesia; JAC, Langit Selatan, HAAJ, dll.

Detail agenda masing adalah sebagai berikut:

Acara sederhana, karena anggota CASA masih baru tiba dari berlibur, maka kesiapan baru bisa setalah akhir dari Pekan Antariksa Dunia ini. Dan pada Sabtu 10 Oktober 2009, di hari terakhir PAD ini serangkaian acara digelar; mulai dari Browsing Space via Internet, Mengenal dan memainkan Simulator Pesawat, Mengenal luasnya dunia antraiksa, Simulasi Zooming Semesta, dan Astronomy and Space Talk show bersama pembimbing CASA, ustadz AR.

Agenda awal memang ada water rtocket, dan lainnya; namun situasi dan kesibukan semua pengurus dananggota CASA, maka ndak jadi digelar. Btw, yg ini sudah bisa mengobati hasrat untuk memahami dunia angkasa lebih.

Astronomy and Space on Internet:

Dunia antariksa tidak jauh dari sudnia astronomi. Dan materi ini yang dipaparkan pembimbing CASA ke para santri anggota CASA di lab multimedia. Beliau menuugaskan ke kita2 untuk mencari sendiri apa itu Pekan Antariksa Dunia, mengapa jatuh di tanggal 4 – 10 Okt, dimana saja event dirayakan, sudah sejauh mana CASA dikenal dan mengenal dunia-mereka membuka blognya, dan demam FB, kita juga minta mereka gabung ke group CASA di FB untuk menambah jaringan sesama pecinta astronomi di kalangan pelajar.

Meski hanya sekitar sejam, tapi tampaknya anak2 CASA merasa puas, dan sore itu mereka mendapatkan gambaran tentang PAD atau WSW secara agak gamblang.

Memburu dunia astro-angkas via Web
Memburu dunia astro-angkas via Web

Ada diantara mereka yang memang sudah biasa mengikuti agenda2 CASA, namun ada juga yg baru masuk CASA di tahun ini. Dari raut wajah, sepertinya model pembelajar langsung membumi ini yg mereka rindukan. Semoga dunia ilmu, dunia astronomi, dunia antariksa bukan sesuatu yg jauh dari semangat para pelajar….

Simulasi Penerbangan:

Diantara acara yg menarik, adalah ketika kita diajari sebuah simulasi menerbangkan pesawat. Dengan simulator ini kita bisa menjadi pilot pesawat terbang dan mengarungi langit semau kita, tapi hati2 kalau gagal menerbangkan pesawat bisa-bisa pesawat jatuh. Dan itu terjadi saat saya mencoba menunjukkan kepada para peserta, sesaat setelah lepas landas, lalu pesawat oleng….dan lalu menukik, akhirnya penumpang berteriak histeris…..dan pesawat jatuh…!

Menguak Angkasa via Simulator
Menguak Angkasa via Simulator

Aneh, pesawat jatuh tapi semua penumpang pada tertawa…..itulah simulator yg bisa kita dapatkan di Google Earth terbaru.

Mau menggunakan, silahkan download Google Earth, lalu pahami manualnya.

Simulator Penerbangan by GE
Simulator Penerbangan by GE

Video berikut adalah sebagian dari rangkaian Seminar and Talkshow “Bringing Astronomy and Space to The Students”:

Simulator kedua, adalah model FMS atau yg pernah CASA pelajari dalam workshop aeromodelling setahun silam. Namun meski sudah pernah tahu, kita  mencoba berulang kali juga ndak mudah, paling disuka kalau jenis pesawatnya Boeng…

Flying Model Simulator
Flying Model Simulator

FMS ini memiliki banyak model pesawat dan landasan pacu. Kalau GE tadi hanya dua jenis pesawat dgn landasan yg beragam sesuai update. Bagi yg minat FMS ini dapat diakses via alamat ini:

www.flying-model-simulator.com/

Di waktu yang sama juga disampaikan betapa luas dan besarnya alam semesta ini. Mereka mulai melihat dirinya, lalu mencoba menjauh , menjauh, dan menjauh….sampai tak kelihatan sama sekali. Sampai kepada perbandingan Bumi ini dengan planet lain, dengan matahari, dengan bintang lain, galaksi lain, dan alam semesta ternyata sangat-sangat-sangat luas….Alloh Akbar …!

Videonya di youtube juga banyak, antara lain…

Acara diikuti sekitar 75 peserta putra dan putri, pengurus dan anggota CASA, dan bertempat di Lab. Multimedia jam 16.00 – 17.00 WIB, dan ruang sidang PPMI Assalaam, jam 20.00 – 22.00 WIB.

Usai Acara para Pengurus berpose
Pengurus berpose bersama Pembimbing

Galery kita selengkapnya:

Selamat berjumpa pada WSW 2010 mendatang…..

Don’t forget to Joint our Group FB  on:

CASA Grpup

WSW 2009, “Bringing Astronomy and Space to The Students”

Laporan kegiatan ini di dunia:

WorldSpaceWeek.Org

Satu Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: