GAM 2010 di Surakarta

Sun is Beautiful

Sun is Beautiful

CASA | Club Astronomi Santri Assalaam, PPMI Assalaam Surakarta, Central Java Indonesia  had carried out many activities to celebrate the Global Astronomy Month (GAM 2010). First event is Grand Opening on 1 April 2010, and the 2nd event was Sun Observation, held on Saturday, 3 April 2010. We also plann many interesting astronomy event…the top event is next Astronomy Day on April, 24rd 2010.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

GAM 2010 di Surakarta:

Mari kagumi alam semesta!
Di tahun 2010, para astronom profesional, astronom amatir, guru, siswa,  dan semua orang yang tertarik dengan astronomi akan dapat menikmati perayaan alam semesta ini di bulan April dalam rangkaian Bulan Astronomi Global (Global Astronomy Month / GAM). Bulan Astronomi Global merupakan kegiatan internasional yang dibuat dari pencapaian yang telah di dapat di sepanjang Tahun Astronomi Internasioal 2009, dengan menggabungkan
berbagai aktivitas dengan kemungkinan untuk berbagi pengalaman pada waktu yang sama.

Kesuksesan CASA dalam rangkaian kegiatan 100 Jam Astronomi pada bulan April 2009, dan sebuah pencapaian yang dihasilkan dari kerjasama berbagai komunitas nasional dan internasional dengan orang-orang yang memiliki motivasi dan kemauan sangat besar, untuk melaksanakan berbagai kegiatan.

Dan kegiatan-kegiatan inilah yang membawa antusiasme serta pengalaman yang luar biasa bagi masarakat global. Sebuah tantangan memang untuk dapat mengulang kesuksesan 100 Jam Astronomi. Namun tahun ini, Astronomers Without Border (AWB) menetapkan rentang yang jauh lebih lama dan mengundang para penikmat astronomi di seluruh dunia untuk merayakan serta menikmati alam semesta ini selama sebulan penuh.

Mengambil waktu dan tempat di sepanjang bulan April 2010, Bulan Astronomi Global (BAG2010 / GAM2010) akan menjadi kegiatan CASA bersama komunitas pecinta astronomi yang lain dengan satu tujuan untuk dapat melakukan kolaborasi internasional sekaligus membangun interaksi yang lebih baik lagi di antara para peserta.

Ide utama BAG2010 ini adalah untuk berbagi ide, pengalaman dan kesuksesan serta mengajak seluruh komunitas untuk mengorganisir kegiatannya masing-masing berdasarkan ide mereka sendiri dan meneruskan inspirasi serta pengenalan astronomi pada seluruh masyarakat.

Kegembiraan untuk mengajak dan membawa seluruh masyarakat dari berbagai negara tanpa memandang usia, ras atau kepercayaan – semua itu untuk mengagumi kemegahan alam semesta – merupakan sesuatu yang akan bertahan lebih lama dari Tahun Astronomi Internasional 2009,” kata Mike Simmons, Presiden AWB dan ketua bersama dari 100 Jam Astronomi.

Bulan Astronomi Global (BAG2010):
Dengan rentang waktu satu bulan, para pelaku kegiatan BAG2010 memiliki 4 keuntungan lebih dibanding saat 100 Jam Astronomi 2009:

1) kemampuan untuk merancang kegiatan pada waktu yang tepat di negara masing-masing,

2) waktu untuk dapat menjadwalkan kembali kegiatan di lapangan jika berbenturan dengan masalah cuaca,

3) lebih banyak waktu dan jalan untuk mengajak peserta dan publik melalui berbagai kegiatan yang memiliki cakupan yang lebih luas, dan

4) kesempatan untuk mendapatkan inspirasi sekaligus menjadi inspirator bagi sesama rekan pecinta astronomi di seluruh dunia.

Pada BAG2010 CASA menggelar kegiatan yang populer di kalangan astronom maupun masyarakat : teleskop untuk melihat Bulan, Planet, Matahari dan obyek lainnya, bukan hanya di bagi warga CASA namun juga di masyarakat umum; pengamatan obyek secara visual melalui tayangan di screen,  pengamatan Hujan Meteor Lyrid dan Seminar serta Pameran untuk merayakan Hari Astronomi yang jatuh pada tanggal 24 April.

Kegiatan yang disebutkan tersebut hanya sebagian dari kegiatan yang akan dirancang oleh CASA sebagaimana komunitas astronomi di seluruh dunia. Tak hanya itu, acara spesial dari Tahun Astronomi Internasional 2009 juga telah berhasil mewujudkan berbagai kegiatan secara global seperti pengamatan jarak jauh melalui internet, webcast dan podcast dari presentasi tertentu, pameran, kompetisi, kontes astrofotografi dan loka karya serta berbagai kegiatan lainnya.

Blog BAG2010 merupakan sumber informasi dan promosi kegiatan. Blogger BAG akan memberikan deskripsi berbagai kegiatan sementara pengatur kegiatan dapat memberikan informasi dari kegiatan mereka masing-masing. Media dan jejaring sosial juga akan dipakai untuk memperluas jaringan serta memperluas kesempatan masyarakat dalam berbagi kegembiraan.

CASA bergabung dalam perayaan ini di bulan April, karena Bulan Astronomi Global akan membawa anggota CASA yang tertarik pada astronomi serta ratusan organisasi di seluruh dunia untuk berbagi antusiasme dan inovasi serta untuk menghubungkan masyarakat melalui kesempatan untuk saling berbagi pengalaman dan kesenangan dalam astronomi. Inilah perayaan Bulan Astronomi Global sebulan penuh yang sekaligus mengajak kita semua untuk bersama menikmati keindahan langit di bawah Satu Langit Bersama !!!

One People – One Sky

CASA Galery on GAM 2010:

Laporan GAM CASA di AWB, silahkan klik link di bawah ini, lalu pilih nama kegiatannya:

CASA adalah 3 dari 8 aktifitas GAM

===

http://www.gam-awb.org
http://www.AstronomersWithoutBorders.org

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: