Astronomy Day 2010 di Surakarta

Astronomy Day 2010

Astronomy Day 2010

Semarak Astronomi di tahun 2010 cukup menggembirakan. Setelah sukses dengan Tahun Astronomi di 2009, di 2010 ada Bulan Astronomi Dunia pada April 2010. Hari Astronomi Dunia, juga jatuh pada bulan April 2010 tepatnya Sabtu tanggal 24 April 2010. CASA | Club Astronomi Santri Assalaam, menyambut dan memeriahkannya dengan beragam agenda.

Dimulai dari Jum’at, 23 April 2010, dilakukan Grand Opening Astronomy Day 2010 pada siang hingga sore hari bertempat kantor Assalaamlantai 2. Acara dibukan oleh Direktur PPMI Assalaam, Ustadz Ma’ruf Rohmat. Acara dilanjutkan dengan penjelasan singkat tentang Hari Astronomi Dunia, cara menentukannya dan sekilas tentang perkembangan Astronomi oleh Ustadz AR selaku pembimbing CASA.

Pada hari yang sama juga digelar Pameran Astronomi dan Pandidikan di depan kantor Humas PPMI Assalaam. Pameran  menampilkan semua alat2 astronomi CASA, buku2 referensi, software, karya santri, juga dilengkapi9 demo roket air. Pameran ini berlangsung hingga Ahad 25 April 2010.

Hari kedua, Sabtu 24 April 2010 adalah puncak AstroDay 2010 ini. Acara sejak pagi – malam adalah Pameran; di malam harinya diadakan Seminar dan Talkshow Astronomi dan Pendidikan oleh Pak Hendro Setyanto dari Bosscha. Acara dipandu ustadz AR selaku pengasuh, dan berlangusng sampai jam 22:00 WIB.

Dalam paparannya, Pak Hendro alias Mister Henset menyampaikan sejarah IMO (Indonesian Mobile Observatory), salah satu karyanya, bahkan masuk MURI sebagai karya pertama untuk pendidikan astronomi di Indonesia. Selanjutnya CASA dan para hadirin diajak untuk melihat dirinya yang sangat kecil di balik keluasan alam semesta ini. Juga diperlihatkan, bagaimana sebenarnya kita ini menjadi aneh ketika mengetahui bahwa Bumi ini bulat, dimana daerah lintang rendah dan tinggi itu sangat berbeda kondisinya, baik saat melihat matahari terbit atau terbenam, musim dan sejenisnya. Lebih2 implikasinya dengan waktu sholat. Di kutub, ternyata matahari tidak pernah terbenam atau tebit selama enam bulan….!

Di hari terakhir, Ahad 25 April 2010; CASA bekerja sama Dewan Kyai, mengadakan Seminar Sehari tentang Astronomi dan Islam, membahas kriteria Taqwim Hijriyah di Indonesia. Disamping Pak Hendro, hadir pula Pak Mutho Ar didampingi Pak Sofwan Jannah dari LP2IF RHI. Seminar diikuti sekitar 100 peserta dari Lembaga Keagamaan di Surakarta, perwakilan Ormas Islam, dan Takmir Masjid serta Pesantren se Solo Raya. Acara berlangsung di Kantor Assalaamlantai 2, dan berakhir sekitar jam 14:00 WIB.

Siang harinya, CASA Putri mengadakan Lomba Cerdas Cermat Astronomi antar Santri di Aula Santriwati. Acara berlangsung hingga sore hari.

Malam harinya, CASA menggelar acara penutupan, untuk Putra di Kantor Assalaam lantai2, dan CASA putri di Aula Santriwati.

Sampai jumpa Astronomy Day 2011….

Satu Tanggapan

  1. alhamdulilah…
    acaranya berjalan lancar…
    dan lebih meriah dri taon kemaren…
    smga taon depan lebih meriah lagi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: