Sharing with Astronomy Experts | Astronomy Day 2012

Astroday 2012

Astroday 2012

Alhamdulillah, di hari kedua pelaksanaan Astronomy Day 2012 CASA menggelar observasi bersama di Lt. 6 Observatorium Assalaam. Ini bertepatan dengan hari astronomi dunia yang resmi yakni Sabtu, 28 April 2012. Dimulai pukul 22.00 WIB.

Dalam kesempatan ini, CASA mengundang pakar astronomi alumni Astronomi Institut Teknologi Bandung, Om Hanief Trihantoro. Beliau berbicara banyak soal pengalamannya menjadi mahasiswa astronomi di institut teknologi nomor wahid di Indonesia tersebut dan pengalaman observasi di Observatorium Bosscha Lembang.

Om Hanief juga berbagi ilmu tentang astronomi, seperti bagaimana mengamati planet Jupiter beserta satelit-satelitnya, Saturnus, Venus, Mars, dan planet lainnya. Tak hanya itu, isu-isu badai matahari dan alien Mars juga dibahas olehnya.

Beliau juga menyinggung soal transit Venus tanggal 6 Juni 2012 mendatang yang bisa disaksikan di Indonesia, khususnya Observatorium Assalaam Solo. Di mana transit ini terakhir kali terjadi tahun 2004, dan setelah 6 Juni mendatang, transit Venus baru akan terjadi lagi sekitar 100 tahun lebih lagi. Oleh karena itu, jangan lewatkan event langka ini!

Namun kabar buruknya, langit Solo malam itu penuh dengan awan tebal. Puncaknya pada sekitar pukul 23.30 WIB meluncurlah rintik-rintik hujan sedikit demi sedikit membasahi kutha budaya Solo, khususnya Observatorium Assalaam. Agenda kami observasi langit pada malam itu pun terpaksa cancelled karena faktor yang tak diduga-duga.

Acara ditutup pukul 00.00 WIB dinihari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: