Penutupan Astronomy Day 2012

Replika Observatorium CASA-PPMI Assalaam

Replika Observatorium CASA-PPMI Assalaam

Ini adalah puncak dari serangkaian kegiatan Astronomy Day yang telah dilaksanakan oleh semua yang terlibat selama 4 hari. Penyelenggaraan Astronomy Day ini memang disusun sejak awal agar lebih atraktif, tidak melulu statis satu arah. Oleh karena itu, panitia sengaja memperbanyak lomba-lomba yang berkaitan dengan astronomi supaya peserta bisa terlibat langsung -tidak sekedar mendengar ceramah yang monoton-, sesuai dengan karakteristik anak-anak seusia SMA, sehingga menjadi terkesan lebih menyenangkan dibanding Astroday-Astroday sebelumnya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Penutupan Astronomy Day bertempat di Kantor Assalaam Lantai 2, di sebuah ruangan lebar full-AC yang dilengkapi dengan fasilitas Multimedia yang lengkap. Penutupan yang digelar tadi malam (30/4) ini, dimulai pukul 20.45 WIB.

Acara pertama adalah Final Lomba Cerdas Cermat Astronomi. Empat tim finalis LCC yang telah diseleksi siang harinya maju ke depan audiens untuk diadu pengetahuan serta analisis astronominya. Lomba ini mengangkat 3 juara sebagai pemenang, yakni pasangan Yandi-Azka dengan skor 600 sebagai Juara I, Haydar dengan skor 500 sebagai Juara II, dan terakhir Sufi-Hendrik dengan skor 300 sebagai Juara III.

Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman juara Presentasi Karya Ilmiah Astronomi, yang telah diselenggarakan beberapa waktu silam pada hari Jumat. Juara I adalah pasangan Aziz-Gama dengan skor 167, yang mengangkat tema “Satelit Buatan”. Juara II adalah pasangan Yandi-Azka dengan skor 160, yang mengangkat tema “Galaksi”. Dan Juara III adalah pasangan Aji-Fadli dengan skor 152, yang mengangkat tema “Badai Matahari”.

Lalu acara disambung dengan presentasi oleh Juara I Karya Ilmiah Astronomi oleh saudara Abdul Aziz Hafid dan Gama Bayu Sukma. Perlu diketahui, bahwa ketika lomba presentasi sebelumnya, tim ini membuat alat peraga berupa Teleskop Ruang Angkasa Hubble dan satelit komunikasi lain yang dibuat sendiri dari gabus.

Usai itu adalah pengumuman pemenang Lomba Miniatur, di mana lomba ini mempertandingkan antara art-skill per angkatan. Juara I-nya adalah angkatan kelas 4, dengan hasil karya miniatur “Observatorium Assalaam”.
Sedangkan pemenang lomba Majalah Dinding adalah angkatan kelas 1, dengan tema “Bumi”.

Kemudian acara dilanjutkan oleh pengenalan software astronomi “Stellarium” oleh pengurus CASA. Tujuannya adalah mengenalkan dunia astronomi secara lanjut kepada adik-adik kelas member maupun non-member. Setelah itu,  dilanjutkan dengan simulasi gerhana bulan total yang terjadi beberapa saat lalu pada tanggal 16 Juni 2011. Bagaimana proses gerhana bulan berlangsung, bagaimana bulan bisa berwarna merah ketika gerhana bulan, dan sebagainya.

Acara berakhir tepat pukul 22.00 WIB, batas terakhir aktivitas yang dibolehkan di pondok pesantren. Untuk terakhir kalinya, semua peserta berfoto bersama di lokasi kegiatan, dan terakhir, foto bersama panitia.

2 Tanggapan

  1. Acaranya beda bangetr kaya taun lalu…
    Sekarang kliatannya lebih sip deeh.,
    Smoga taun depan bsa lebih maju acaranya.,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: