CASA Putri on Astroday 2012

Astroday 2012 by CASA Putri

Astroday 2012 by CASA Putri

Memperingati hari Astronomi Dunia, CASA putri juga ndakmauketinggalan. Karena sudah menjadi tradisi, bahkan CASA lahir juga saat hari astronomi, maka astroday 2012 ini merupakan event yang tidak bakal kita lewatkan. AstroDay terjadi pada Sabtu, antara medio April-Mei, dan saat fase Bulan seperempat pertama. Dan untuk tahun 2012 terjadi pada 28 April. Berikut laporan dari CASA Putri…

28th April 2012
GRAND OPENING OF ASTRONOMY DAY
Hari ini,pembukaan dimulai pada pukul 21.00 wib.pembukaan yang berlangsung di ruang pertemuan kantor assalaam lantai dua. Acara ini dibuka oleh ustadzah Sirikit Eko dan diisi oleh narasumber dari DADC yaitu Mas Hanif Trihantoro M,Si.

Acara berlangsung dengan pemberian materi yaitu pengertian tentang ilmu astronomi sebagai hobi dan prestasi, para peserta memperhatikan dan mendengarkan instruksi dari narasumber dengan baik. Diakhir penjelasan, para peserta diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang dijawab  langsung oleh narasumber.

Acara berakhir pada pukul 22.00 yang ditutup dengan pemberian kenang-kenangan berupa miniatur teleskop yang diserahkan langsung oleh pembimbing CASA putri ustadzah Sirikit Eko dan pemberian souvenir oleh ustad AR Sugeng Riyadi.

 

29th April 2012
14.00-14.45 ( MAKING THE ROCKET )
Minggu siang agenda kami adalah pembuatan roket di observatorium. Tidak seperti biasanya kami tidak membuat roket air tapi kami membuat roket angin. Roket ini dibuat dengan bahan-bahan kalender bekas, paralon, lakban,botol bekas, dan pemberat(batu ). Para peserta terlihat aktif dalam pembuatan roket udara tersebut.

16.00-17.00 ( BLAST OFF AIR ROCKET )
Sore harinya kami meluncurkan roket di lapangan basket putri. Banyak peserta yang aktif saat peluncuran roket. Rata- rata roket meluncur dengan kisaran ketinggian 5 meter. Selain peserta banyak santriwati lain yang tertarik untuk ikut mencoba meluncurkan roket.

20.30-22.00 ( WATCHING MOVIE )
Malam harinya kami mengadakan nonton bersama di observatorium. Acara dibuka oleh ukhti Laila Rahma. Kemudian sebelum acara nonton bersama dimulai, ustad Adnan memberikan materi sekilas tentang apa dan bagaimana cara penggunaan Starry Night. Setelah itu dilanjutkan dengan acara inti yaitu nonton bersama. Di sela-sela acara nonton bersama, para panitia beserta ustad Adnan merakit Sphinx ( Vixen ).

Setelah film selesai panitia dan ustad Adnan mempraktekkan penggunaan Vixen menggunakan software Starry Night. Panitia mengundang para alumni CASA untuk berbagi cerita tentang pengalamannya saat menjadi anggota CASA yang diwakili oleh ukhti Azifah An’amilah. Setelah bel berbunyi acara pun kami tutup.

30th April 2012
ASTRONOMY EXPO
Pada hari ini kami mengadakan pameran astronomy di depan humas. Banyak ustadz-ustadzah dan santriwati yang berkunjung untuk melihat-lihat. Siang harinya kami menggunakan teleskop Sky Watcher dan Lunt untuk melihat matahari, sun spot, dan lidah api.

Pada saat sedang melihat matahari, tiba-tiba hujan turun sehingga kegiatan observasi  langsung dihentikan. Walaupun hujan ternyata masih banyak yang berminat untuk berkunjung ke pameran. Banyak santri yang bertanya tentang penggunaan peta langit, fase bulan, rubug, dll.

Pameran diadakan sampai malam hari. Sekitar pukul 21.00, pameran pun kami tutup.

1st May 2012
CLOSING
Siang ini acara Astronomy Day “ 3 Nights 1 Sky “ resmi kami tutup. Acara dilaksanakan di observatorium. Karena ustadzah Liliek selaku pembimbing pustek berhalangan hadir, maka acara ditutup oleh ketua panitia yaitu ukhti Ainun Fitriah.

 

28th April 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: