Rukyah Hilal Rojab 1433 H

Rukyah Hilal Rojab 1433 H

Rukyah Hilal Rojab 1433 H

Sebagai salah satu materi pembelajaran di CASA, rukyah hilal sengaja dilakukan untuk membuktikan hasil perhitungan. Rukyah hilal kali ini adalah hilal awal Rojab 1433 H. Namun sebagai akhir lunasi bulan sebelumnya, maka tim CASA mecoba memburu hilal sejak dari akhir bulan Jumadal Akhiroh 1433 H sampai awal Rojab 1433 H itu sendiri.

Hilal Akhir Jumadal Akhiroh 1433 H

Acara observasi dipusatkan di Anjungan Observatorium CASA sebelum shubuh – selepas shubuh pada Ahad, 20 Mei 2012.  Berikut laporan dari tim CASA Putri (Rossi dkk):

Kegiatan kami pada pagi hari ini adalah melaksanakan rukyatul hilal akhir bulan. Kegiatan kami mulai pada pukul 04.30 setelah adzan subuh berkumandang. Acara dibuka setelah sholat subuh berjamaah selesai. Kemudian acara dimulai oleh ketua CASA yang baru, ustadzah Sirikit yang hadir pun memberikan sambutan dilanjutkan serah terima jabatan pengurus CASA yang lama pada pengurus CASA yang baru. Kemudian kami dipandu oleh ustad Adnan untuk melihat hilal.

Cuaca pada pagi hari ini cukup cerah, kami pun yakin bisa melihat hilal. Tapi apa daya, awan semakin meninggi dan menebal sehinng menutupi posissi hilal. Tidak ada tanda-tanda hilal muncul. Matahari mulai menampakkan sinarnya. Rukyatul hilal akhir bulan kali ini pun gagal untuk yang kedua kalinya. Meskipun demikian, kami dapat melihat sunrise yang indah dari observatorium. Kami pun segera mengabadikan momen tersebut. Acara pun usai sekitar pukul 06.30. Setelah berbenah, kami pun pulang.

Rukyah Hilal Rojab 1433 H

Hari ini kami kembali melaksanakan kegiatan Rukyatul Hilal Awal Bulan, yaitu rutinitas kami sebagai anggota CASA. Para anggota CASA dari kelas 4, 5, dan TKS mengikuti kegiatan ini dengan antusias. Walaupun ujian semester 2 masih berlangsung, kami tetap semangat mencari ilmu di observatorium tercinta. Di awal waktu langit masih sedikit berawan. Waktu maghrib pun tiba. Detik-detik inilah yang kami tunggu karena pada saat inilah hilal mulai terlihat.

Kali ini kami optimis bisa melihat hilal, karena cuaca pada petang hari ini cukup mendukung. Dan akhirnya hilal pun muncul. Kami pun berlomba-lomba melihat hilal. Hari ini kami mendapatkan pengalaman yang berharga karena kami dapat melihat hilal setelah sekian lama kami gagal melihat hilal. Jika dihitung-hitung, kami dapat melihat hilal kurang lebih tiga kali selama masa kepengurusan periode 2011/2012.

Setelah iqomah sholat maghrib berkumandang kami bersiap pulang. Namun tiba-tiba ustad A.R. menemukan sabit venus sehingga kami kembali untuk melihat venus melalui teleskop. Dengan penuh antusias kami mengamati sabit venus yang indah tersebut. Sebelum pulang kami pun berfoto bersama, dan kemudian pulang.

Rukyah Hilal Rojab 1433 H CASA Pi

Rukyah Hilal Rojab 1433 H, CASA Pi

Hilal Rojab 1433 H

Hilal Rojab 1433 H

Laporan CASA ke MCW di

http://www.moonsighting.com/1433rjb.html

Laporan CASA ke ICOP di:

http://www.icoproject.org/icop/raj33.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: