Observasi Bulan pada malam nisfu sya’ban 1433 H

Observasi Bulan

Pada hari Rabu (4 Juni 2012) beberapa santri Assalaam mengadakan pengamatan di observatorium Assalaam. Alhamdulillah pada saat itu langit cukup cerah dan bulan tampak nyaris utuh. Pengamatan dilakukan dengan menggunakan satu teleskop GOTO Sphinx equatorial mount dengan tabung VC200L dan satu buah teleskop analog Sky Watcher.

Teleskop sky wathcer digunakan untuk mengamati bulan dan planet saturnus, sedangakan teleskop GOTO yang membawa tabung dengan fokus 1800 mm selain digunakan untuk mengamati bulan dan saturnus juga digunakan untuk mengamati objek-objek langit yang sangat redup.

Kegiatan pada saat pengamatan yaitu mengamati objek langit dan mengambil gambar objek tersebut. Petama kali seluruh peserta dipersilahkan mengamati objek langit tersebut, kemudian setelah semua peserta selesai mengamati, objek diambil gambarnya dengan kamera Canon EOS 1000D. Pengamtan berlangsung sangat seru, terlebih pada saat mengamati bulan dengan teleskop VC200L. Dengan teleskop tersebut permukaan bulan dapat terlihat dengan sangat jelas, sangat detil hingga bayangan kawah pun terlihat. Pengamatan diakhiri pada pukul 22.00 WIB. Sebelum kembali ke asrama, peserta pengamatan berfoto bersama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: