Observasi Bintang di Musim Penghujan

Peralatan observasi

Peralatan observasi

Sabtu (16/02/2013) beberapa anggota CASA putri mengadakan observasi langit. Tema observasi pada kali ini adalah pemotretan benda langit sekaligus pengolahan citranya. Observasi dimulai pada pukul 21.00. Pada saat itu langit tertutup oleh awan. Sembari menunggu awan di langit pergi, para anggota CASA putri berdiskusi seputar astronomi dan instrumen astronomi. Diantara keunikan hobby astronomi di saat musim hujan adalah menunggu perginya awan sehingga benda-benda langit terlihat.

Malam semakin larut dan sekitar pukul 23.00 langit mulai menampakkan dirinya. Awan secara perlahan menipis dan benda langit mulai tampak. Semakin malam langit tampak semakin cerah. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya objek langit yang terlihat. Ketika objek langit mulai terlihat para anggota CASA putri mulai menyiapkan peralatan untuk pemotretan. Pemotretan dilakukan dengan kamera digital Canon EOS Kiss yang dipasangkan pada teleskop Vixen ED80S yang dilengkapi dengan dudukan equatorial mount bersistim GOTO. Peralatan ini diperlukan karena objek yang akan dipotret adalah bintang dan memerlukan shooter speed lama (sekitar 30 detik). Kelebihan menggunakan equatorial mount adalah teleskop dapat mengikuti pergerakan objek langit sehingga dengan shooter speed lama objek tetap terlihat fokus.

Langkah pertama untuk pemotretan adalah melakukan kalibrasi teleskop. Hal ini perlu dilakukan karena teleskop bersifat portable sehingga begitu teleskop pindah tempat, maka perlu dilakukan kalibrasi. Langkah kalibrasi sering juga disebut polar alignment. Kalibrasi diperlukan agar ketika dilakukan pemotretan dalam waktu lama, objek tidak trail (timbul garis-garis karena teleskop tidak dapat mengikuti objek langit). Setelah teleskop dikalibrasi, teleskop dapat dipasangi kamera DSLR dan siap digunakan untuk pemotretan.

Observasi dilakukan dilaksanakan hingga sekitar pukul 00.15. Selama observasi didapat beberapa foto yang kemudian diolah agar tampak lebih indah. Observasi pada malam ini menghasilkan 3 buah karya yaitu foto bintang Sirius oleh Bella Putri Mahadewi (XI IPA 1 SMA), bintang Canopus oleh Anggia Adriadna Miranda (XI IPA 1 SMA), dan bintang Antares oleh Bilqis Syahidah (XI IPA 1 SMA).

Bintang Sirius oleh Bella Putri Mahadewi

Bintang Sirius oleh Bella Putri Mahadewi

Bintang Canopus oleh Anggia Adriadna

Bintang Canopus oleh Anggia Adriadna

Bintang Antares oleh Bilqis Syahida

Bintang Antares oleh Bilqis Syahida

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: