Startrail dari Observatorium Assalaam

startrail observatorium casa 23092013 (named)

Startrail

Salah satu kegiatan menarik bagi penggemar astronomi adalah astrofotografi. Pada tanggal 23 September 2013 saya mencoba mengambil banyak foto bintang secara terus menerus atau sering disebut timelapse. Peralatan yang saya gunakan adalah Canon EOS 400D dan software Canon EOS Utility untuk pengendalian kamera. Dengan EOS Utility kamera dapat dikendalikan sesuai keinginan.

 

 

Startrail observatorium casa 23092013 (named)

Startrail dengan latar depan kubah observatorim Assalaam.

Saya menyetel 260 foto dengan jeda antar foto sekitar 10 detik. Kamera disetel pada ISO 200 dan exposure time 30 detik. Setelah kamera selesai saya setel, saya menunggu kamera hingga beberapa  pemotretan untuk memastikan tidak ada galat (foto gagal). Setelah saya yakin kamera stabil, kamera saya tinggal dan saya kembali ke kantor dan mengerjakan urusan lain. Proses pemotretan dimulai pada pukul 19.40 dan berakhir pada pukul 22.30. Proses pemotretan berhenti karena batrai kamera habis. Hasil foto yang didapat pada malam itu adalah 183 foto namun yang bisa digunakan untuk dibuat trail hanya 48 foto. Tidak semua foto dapat digunakan karena pada saat sisa pemotretan, langit sudah berawan sehingga memperburam hasil penggabungan foto. Foto di atas merupakan hasil penggabungan 48 foto tadi.

Tinggalkan Balasan

