WSW 2013

WSW 2013 by CASA

WSW 2013 by CASA

WSW adalah singkatan dari World Space Week atau PAD (Pekan Antariksa Dunia) kembali diperingatii tahun 2013 ini oleh peminat antariksa dan langit pada 4-10 Oktober 2013. CASA memperingatinya pada tanggal 8 Okt 2013 karena bersamaan dengan agenda Pondok yakni POSA yang juga dibuka pada tanggal 8 Okt 2013. Tanggal 7 Okt adalah hari terakhir Mid Semester. Ada 3 agenda utama dalam WSW 2013 ini, yakni Seminar dan Talkshow, Demo Aeromodelling dan Lomba Roket AAir.

Liputan media oleh Radar Solo-Jawa Pos group dan Solopos, serta JogloSemar. Media TV yang hadir meliput adalah TV Warta, RCTI dan SCTV.

Liputan JogloSemar:

Pekan Antariksa Dunia Di PPMI Assalam Wujud Kreativitas, Santri Rakit QuadCopter
Rabu, 09/10/2013 09:00 WIB – Agni Vidya P

Sejumlah santri tampak tengah berkumpul di lapangan utama Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Assalaam,  Pabelan, Sukoharjo, Selasa (8/10). Perhatian mereka tertuju pada sebuah objek yang sedang terbang rendah. Bentuknya mirip helikopter, namun memiliki empat buah baling-baling dan mampu terbang dengan lincah.

bjek mirip helikopter tersebut ternyata adalah se-buah pesawat aeromodeling hasil karya santri PPMI Assalaam yang disebut QuadCopter. Tak hanya satu, namun ada dua karya QuadCopter yang tengah diujiterbangkan di kesempatan demo aero-modeling dalam rangka memperingati World Space Week(Pekan Antariksa Dunia).

Peringatan Pekan Antariksa Dunia itu sendiri digelar secara khusus oleh Club Astronomi Santri Assalaam (CASA) yang telah rutin diselenggarakan setiap tahunnya sejak 2009 lalu.

“Kedua QuadCopterini adalah karya santri PPMI Assalaam, yakni Indra Setyawan (santri SMK Assalaam) dan Bahrul Hidayat Kurniawan (santri MA Assalaam). Pekan Antariksa Dunia tahun ini diperingati pada 4-10 Oktober,” terang Pengasuh Observatorium CASA PPMI Assalaam, AR Sugeng Riyadi.

QuadCoptertersebut dikendalikan menggunakan remote control. Dengan berat sekitar 1,2 kilogram, QuadCopter yang dapat juga dilengkapi dengan kamera tersebut awalnya memang sengaja diciptakan untuk penjelajahan alam dan mengambil objek foto dari ketinggian.

“Kalau untuk merangkainya tidak sampai sebulan, hanya saja ada komponen yang susah dapatnya, jadi dari melengkapi bahan sampai dirakit butuh waktu sampai dua bulan,” terang Bahrul yang masih duduk di bangku kelas XII MA Assalaam itu.

Selain demo aero-modelling, dalam Pe-kan Antariksa Dunia kali ini, CASA PPMI Assalaam juga meng-gelar beberapa kegiatan, yakni seminar dan talkshowyang men-gupas Flight Simulatordengan menghadirkan narasumber seorang pilot, serta lomba pen-erbangan roket air yang diikuti 34 sant-ri dari 17 TPQ. “Sedangkan untuk acara puncak ada Malam Pengamatan Bulan untuk Umum di International Observe the Moon Night (InOMN) di Observatorium CASA, Sabtu (12/10) malam,” tukas Sugeng.

Liputan Media Online lainnya…: under searching

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: