Foto Hilal 1 Syawwal 1435 H

Foto Hilal 1 Syawwal1435 H

Foto Hilal 1 Syawwal1435 H

Tgl 1 Syawwal adalah hari lebaran atau dalam bahasa syar’i hari Ied Al-Fithri. Bahasa jawanya hari kita saling mengucapkan ‘Sugeng Riyadi’. Ternyata tahun ini, HUT pengasuh CASA (ust AR Sugeng Riyadi) menjadi perdebatan lagi meski di permukaan serasa adem ayem… :v Perdebatan ini sebatas wacana keilmuan saja, sehingga bagi yang masih awam memang tidak ada masalah yang mengganjal. Persoalan serasa bagi para pegiat rukyat dan ilmu falak, karena keputusan Pemerintah dirasa masih menyisakan’PR’.

Nah ‘PR’ macam apa pula ini… toh kita udah berlebaran dan kompak pada malam takbiran begitu gegap gempita di seluruh tanah air… Ya begitulah sisi lain perkembangan peradaban.

Untuk melengkapi beberapa referensi terkait Hilal Awal Syawwal 1435 H, berikut foto Hilal tgl 1 Syawwal1435 H hasil dari observasi tim CASA (Club Astronomi Santri Assalaam) yang melakukan rukyat pada tgl 27/7 dan 28/7.

Hasil observasi Hilal pada tgl 27 Juli 2014, selengkapnya dapat dilihat di halaman lokasi Assalaam Observatory di web http://hilal.kominfo.go.id/ atau pada video di bawah ini:

Hasil observasi tl 27 Juli 2014 memang belum berhasil, meski semua persiapan terkait rukyat meliputi SDM yang sudah lulus Workshop Astrofotografi di Surabaya bersama Mr. Thierry Legault dan juga alumnus SoE I di Imah Noong bersama Muhammad Yusuf dari Bosscha Observatory; didukung peralatan yang sudah kelas muta’akhir (menggunakan teleskop dengan mounting digital go to dan ccd khusus astronomi EOS 60 Da serta Filter Bessel i Band… namun hasilnya Hilal masih belum didapat.

Nah, rukyat kita ulangi di hari selepas Ijtimak yakni pada Senin 28 Juli 2014. Pada rukyat kali ini hanya ada 4 orang saja. Ust AR fokus ke rukyat kasatteleskop dn sreaaming via web hilalnya Kominfo, lalu mas Adnan fokus rukyat hilal dengan teknologi astrofotografi, dan ada mas Ibrahim dan mas Heri selaku saksi dari Ma’had Aly An-Nuur Baki Sukoharjo.

Selengkapnya (streaming saat rukyat tgl 28 Juli 2014) ada di alamat ini.. maaf video orisinal by webcam .. :v

Setelah berusaha dari selepas Ashar, lalu kita lanjut menjelang Sunset, dan terus kita nanti hingga sunset bahkan hingga moonset, akhirnya kerja keras mendapatkan hasil. Hilal 1 Syawwal 1435 H versi Kasat Pencitraan dan Kasat Mata kita dapatkan. Dan berikut foto Hilal 1 Syawwal 1435 H tersebut:

HILAL 1 SYAWWAL 1435 H – Kasat PenCitraan

Hilal 1 Syawwal 1435 H, 56 menit sebelum Sunset pd H+1 Konjungsi

Hilal 1 Syawwal 1435 H, 56 menit sebelum Sunset pd H+1 Konjungsi

Hilal ini kita dapatkan setelah melalui pengolahan menggunakan IRIS dan Adobe Phoroshop. Foto terdiri atas 9 frame, dipotret mengguanakan Teleskop William Optics 70 mm, dipandu Sphinx Eq Mout dan dengan CCD EOS 60 Da dan Filter Bessel i Band.

HILAL 1 SYAWWAL 1435 H – Kasat Teleskop & Kasat Mata:

Foto Hilal 1 Syawwal1435 H

Foto Hilal 1 Syawwal1435 H, setelah sunset pd H+1 konjungsi

Hilal ini kita dapatkan dengan memotret mengguanakn instrumen seperti foto hilal di atas, tetapi dikurangi / tanpa filter i., dan cukup 1 frame.

Bila ada yang menafsirkan bahwa Hilal sebelum sunset adalah hilal 1 syawwal 1435 H versi hisab. Sedang Hilal setelah sunset sebenarnya sudah tanggal 2 Syawwal 1435 H versi hisab, dipersilakan saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: