World Space Week 2014 in Surakarta

WSW-2014

WSW-2014

WSW rutin digelar CASA pada setiap tahunnya. Pada 2014 ini sengaja even WSW diadakan tidak bersamaan dengan pekan yang sebenarnya karena pada saat itu bersamaan dengan agenda wajib sekolah yakni UTS. Akhirnya WSW kita adakan pada 16-19 Oktober 2014. Rangkaian kegiatan selengkapnya sebagai berikut:

World Space Week, CASA(wan), 16-17 Okt 2014

“ada yang tahu apa itu UAV?” tanya Indra, narasumber dalam seminar World Space Week tahun ini peserta yang terdiri dari puluhan santri itupun terdiam, tak ada yang bisa menjawab. Tak disangka ada salah satu peserta di barisan belakang mengangkat tangannya.

“Unmanned Aerial Vehicle”

World Space Week (WSW) yang digelar di ponpes Assalaam Sukoharjo dari tanggal 16 – 17 Oktober 2014 bertemakan UAV. Kegiatan WSW dibuka dengan peluncuran roket air oleh santri-santri yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka berlomba-lomba meluncurkan roket setinggi dan sejauh mungkin. Rangkaian kegiatan berikutnya adalah seminar singkat dari Indra Setiawan, pegiat UAV yang merupakan alumni CASA (Club Astronomi Santri Assalaam) dari ponpes tersebut.

“UAV memiliki beberapa tujuan, salah satunya adalah Quadcopter ini yang digunakan untuk pengamatan jarak jauh” jelas Indra sambil mengangkat quadcopter rakitan kepada peserta.

Tricopter by Ust DarmaOne

Tricopter by Ust DarmaOne

The Tris, tricopter buatan alumni ITS :pThe Tris, tricopter buatan alumni ITS :p

eh salah poto :p

Quadcopter by Indra Setyawan

Quadcopter by Indra Setyawan

Para peserta pun semakin tertarik, mereka melontarkan pertanyaan-pertanyaan seputar lama waktu pengerjaan quadcopter, biaya yang dihabiskan untuk mengerjakannya, dan sumber referensi untuk mempelajari UAV.

Penjelasan mengenai UAV semakin lengkap dengan dipaparkannya sejarah mengenai UAV, tujuan penggunaannya, ragam UAV berdasarkan jumlah baling-balingnya, hingga UAV yang dimiliki Indonesia baik itu komersial maupun kemiliteran. Tak ketinggalan pula penjelasan singkat mengenai seluk beluk aeromodelling.

Lampion CASAwan

Lampion CASAwan

Rangkaian kegiatan WSW di ponpes Assalaam ditutup dengan penerbangan lampion-lampion dari Observatorium Assalaam, Jumat Malam (17/10).

=

World Space Week, CASA(wati), 17-19 Okt 2014

Acara WSW juga digelar CASAwati dengan rangkaian Seminar, bedah film, workshop Sundial, dan closing ceremony.

Seminar mengambil tema tentang Nano Satelit dengan menghadirkan nara sumber alumnus UGM yang juga pegiat ilmu astronomi asalSolo, Muh. Wachid Ichsani. Acara serius tapi seru karena mengupas hal baru yg tidak terbayankan seelumnya oleh para santri. Selama ini kita hanya mengenal satelit yang bentuknya gedhe saja, ternyata ada satelit yg ukurannya sangat kecil dan memiliki fungsi ndak kalah dari yg ukuran besar.

Seminar Nano Satellite

Seminar Nano Satellite

Acara berikutnya nonton film di Observatorium lalu hari berikutnya berkarya membuat Jam Matahari yg disandingkan dengan jam konvensional.

Sundial Project

Sundial Project

Acara ditutup pada Ahad 19 Oktober 2014. See You next WSW 2015… []

Galery Kegiatan:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: