CASA goes to Galaxy Forum

CASA n Galaxy Forum

CASA n Galaxy Forum

GALAKSI forum diadakan oleh LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) bertempat di Auditorium Pussainsa Lapan Bandung. dihadiri lebih dari seratus peserta. Acara yang dilaksanakan pada tanggal 21 Februari 2015 telah mengundang keantusiasan berbagai kalangan para pegiat astronomi untuk meramaikan suasana diskusi. Terdiri dari empat pemateri yaitu Prof. Thomas Djamaluddin (LAPAN), Stieve Drust selaku (ILOA), Dr. Mahasena Putra (Observatorium Bosscha ITB), dan Dr. Sabirin bin Abdullah (ANGKASA, Malaysia).

Kepala Lapan menyampaikan perkembangan riset di bidang sains dan teknologi antariksa yang selama ini dilakukan oleh Lapan serta menekankan dampak positif dari adanya Undang Undang No. 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan. Steve Durst memaparkan peluang dan potensi membangun observatorium dan basis aktivitas di permukaan bulan untuk mendukung eksplorasi ilmiah dan bahkan bisnis di masa yang akan datang. Pada kesempatan berikutnya Dr. Mahasena menyampaikan nilai strategis pendirian observatorium nasional di Indonesia bagian timur. Terakhir aktivitas riset dan akademik di ANGKASA, Universitas Kebangsaan Malaysia dijelaskan oleh Dr. Sabirin. (http://pussainsa.lapan.go.id/index.php/subblog/read/2015/272/GALAXY-FORUM-INDONESIA-2015)

Dari semua peserta penanya pada saat forum diskusi panel, pertanyaan yang dilontarkan selalu berkaitan tentang penegasan keberadaan studi astronomi di negara Indonesia khusunya bagi anak-anak sekolah. Hal ini dimunculkan karena pada kenyataannya adalah pelajaran astronomi yang bukan merupakan pelajaran dalam kurikulum, menjadi ada pada waktu olympiade yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia. Hingga akhir diskusi, masih belum ada kejelasan dan kepastian terkait pendidikan astrnomi bagi anak sekolah.

Di akhir penutup acara, kami dari perwakilan CASA, memberikan souvenir kenang-kenangan berupa taqwim 2015 sehingga diharapkan mampu menambah eksistensi CASA didalam maupun diluar negara Ibu pertiwi ini.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: