Fenomena Blue Moon 31 Juli 2015

FullMoon31Jul2015_DarmawanRHSBlue Moon, sempat menjadi pembicaraan dalam media sosial pada hari ini, Jumat, 31 Juli 2015. Beberapa orang memastikan dengan mata kepala sendiri benarkah bulan akan berubah warna menjadi biru. Bahkan tak sedikit pula yang menghubungi saya melalui pesan singkat baik di akun media sosial maupun nomor pribadi, jam berapa tepatnya terjadi Blue Moon dan bagaimana indikasi terjadinya.

Lalu apa sih Blue Moon itu? Apa bedanya dengan bulan purnama biasa?


Berhubung banyak orang terkecoh dengan istilah ini, maka perkenankan saya sedikit memaparkan perihal tentang fenomena unik ini.

Bulan Juli tahun ini, merupakan bulan yang unik. Mengapa? Karena dalam satu bulan ini, terjadi dua kali fase bulan purnama, yaitu pada tanggal 15 Ramadhan dan 16 Syawwal. Bulan purnama pertama terjadi pada tanggal 2 Juli 2015 pukul 09.20 WIB sedangkan bulan purnama kedua terjadi pada sore ini, 31 Juli 2015 pukul 17.43 WIB.

Lalu apa uniknya dari fenomena ini? Toh sama-sama bulan purnama, tiap bulan juga kita bisa lihat.

Eits, siapa bilang kita bisa melihat fenomena ini setiap bulan? Fenomena terjadi dua kali fase bulan purnama dalam satu bulan ini hanya terjadi setelah rentang waktu tertentu. Dan kita akan bertemu dua kali fase bulan purnama pada bulan Juli kembali setelah 19 tahun lagi. Itu berarti bulan Juli 2034.

Lha, terus apa hubungannya dengan istilah Blue Moon? Kenapa dinamakan Blue Moon? Toh warnanya masih sama saja.

Jika kita lihat dengan mata telanjang, akan didapati warna bulan jingga ketika bulan terbit, semakin tinggi semakin putih kekuning-kuningan, lalu kembali jingga ketika terbenam. Itu kita lihat dengan mata telanjang, jika kita lihat menggunakan teropong bintang? Yah, tetap sama saja :p.

Lha kapan bulannya jadi berwarna biru sesuai julukannya, Blue Moon?

Hmmm…mungkin karena orang bule sana memiliki mata biru, maka dari itu yang mereka lihat Blue Moon :p . Nah,kalau ingin mengamati fenomena ini kembali, semoga kita diberi umur panjang hingga Juli 2034😀 .

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: