Rukyat Hilal Muda Jumadal Ula 1437 H

Rukyat Hilal

Rukyat Hilal

Setelah pengamatan “Old Crescent” sebagai tanda akhir bulan Rabiul Akhir 1437 H pada tanggal 07 dan 09 Februari 2016, pengamatan dilanjutkan untuk hilal awal bulan “New Crescent” Jumadal Ula 1437 H pada 09 dan 10 Februari 2016 di Observatorium CASA dan lokasi lain. Tinggi Hilal pada tanggal 09 Februari 2016 sekitar 7 derajat.

Hujan deras mengguyur kota Solo semenjak siang hingga Asar. Kemudian berlanjut menjelang maghrib hingga malam hari. Ufuk barat sedikit memberikan celah untuk melihat hilal, akan tetapi sampai matahari larut terbenam pun ternyata belum terlihat. Penampakan langit barat di kala matahari terbenam tampak pada foto berikut. Observasi dilakukan oleh Ust Darmawan RHS dan Ust Ahmad Lutfi.

Rukyat hilal muda Jumadaal Ulaa darmaone

senja di langit barat, 9 Feb 2016

Observasi hilal pada hari kedua, Rabu, 10 Februari 2016 pun tak menunjukkan hasil. Hujan deras yang kerap kali melanda kota Solo pun turut memberikan pengaruh terhadap visibilitas hilal. Tampak pada foto yang diambil ketika senja di bawah ini, terbenamnya matahari tidak terlihat. Hanya awan kelabu yang tertiup angin kencang. Bahkan hujan mengguyur hingga larut malam.

rukyat hilal jumadal ula 1437 darmaone

senja di langit barat 10 Feb 2016

Lain halnya observasi yang dilakukan di Mesir oleh anggota CASA, Muammar Zaky. Langit cerah tanpa banyak terhalang awan, memperlihatkan bulan sabit yang indah. Keindahan bulan sabit ini terabadikan melalui kamera telepon genggamnya sebagaimana foto di bawah ini.

hilal jumadal ula mesir zaky

sabit tua di Mesir oleh Muammar Zaky

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: