JANAKA (Jambore Nasional Klub Astronomi) 2017

Tim CASA on JaNaKA 2017

Tim CASA on JaNaKA 2017

Awalnya kami warga CASA mendapatkan berita tentang acara JANAKA. Saat itu kami sedang liburan Ramadhan 1438 di rumah, melalui grup dan kabar-kabar dari para Eksponen CASA, kami di sarankan untuk mengikuti acara ini. Akhirnya kami mengajukan beberapa nama untuk ikut serta ke pembimbing kami, ustadz Widi Adi Nugroho, namun beliau sedang ada urusan lain sehingga pada akhir pendaftaran tanggal 31Juli 2017, CASA belum mendaftar. Lalu sebuah keajaiban pun terjadi, 

pendaftaran pun diperpanjang sampai tanggal 10 Agustus 2017. Para alumni CASA yaitu : Riztya Ahadiyanti, Fatma Cahya Ningrum, Hibah Al Izzati ikut turun tangan untuk membantu pendaftaran kami. Kami bersyukur punya kakak-kakak alumni CASA yang baik seperti mereka.

ILMU BARU

Sebuah pengalaman dan pembelajaran baru telah kami dapatkan dari JANAKA 2017, Jambore Nasional Klub Astronomi. JANAKA 2017 adalah tempat dimana semua klub astronomi dapat berkumpul dan beriskusi bersama. Salah satu acara yang mempertemukan kami dengan banyak orang yang memiliki hobi yang sama, astronomi. Perjalanan panjang yang terlewati berasa tergantikan dengan banyaknya ilmu yang bisa kami dapatkan dari JANAKA 2017.

TIM CASA

21 September 2017, rombongan CASA (Club Astronomi Santri Assalaam) yang terdiri dari 4 orang Anggota CASA yang sudah terdaftar sebagai peserta yaitu:

1. Dyan Rizal Anugrah (sebagai ketua delegasi), kelas 12 MIPA 1 MA, asal Banjarnegara

2. Muh. Rakha Seno Sujana (sebagai anggota), kelas 12 MIPA 2 MA, asal Tarakan

3. Khozain Rohmat Robby (sebagai anggota), kelas 12 MIPA 1 SMA, Asal Cirebon

4. Umi Arief Nur’Aini (sebagai anggota), kelas 12 MIPA 3 MA, asal Banjarnegara

Sudah siap dengan segala bawaannya untuk pergi ke acara JANAKA (Jambore Nasional Klub Astronomi), di LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa), Pasuruan, Jawa Timur. Tepat jam 9.51, rombongan berangkat dari stasiun Purwosari Surakarta menuju stasiun Bangil, di Pasuruan. Perjalanan memakan waktu hampir 8 jam. Dalam kereta, tak sangka kami dapat bertemu dengan beberapa klub astronomi lain, contoh JAC (Jogja Astro Club), SAC (Solo Astro Club), dan lainnya, dengan tujuan yang sama, yaitu LAPAN Pasuruan, Jawa Timur.

CASA on JANAKA 2017

Tepat saat adzan maghrib berkumandang, rombongan telah tiba di depan pintu gerbang LAPAN, bersamaan dengan klub-klub lain. Setelah memasuki area LAPAN, rombongan turun dari bus yang mengantar hingga memasuki area LAPAN, kami langsung disambut oleh pemandangan malam dari atas kota Mojokerto, ke arah utara pemandang kota Sidoarjo, dan ke timurnya adalah kota Pasuruan. 

Pemandangan indah dengan ratusan lampu kecil yang menyinari, layaknya bintang-bintang di langit. Setelahnya rombongan disambut oleh pihak panitia untuk menuju ke istirahat masing-masing, tempat putra di aula dan putri di mess LAPAN yang jauh nya bukan main dari tempat pemberhentian bus.

Sedikit berbenah, dan berbersih diri, berkenalan dengan beberapa teman-teman pecinta astronomi dari klub lain yang kebetulan 1 asrama, dilanjut menunaikan kewajiban sebagai seorang muslim. Kami berkumpul dan berencana berjalan-jalan sebentar sekaligus mencari makan malam. Bertanya pada beberapa teman dari klub lain yang telah sampai terlebih dahulu, mereka menunjukan jalannya. 

Ternyata cukup jauh perjalanan hanya untuk sesuap nasi, kurang lebih kami berjalan 1 kilo hingga bertemu sebuah warung nasi goring kecil dipinggir jalan, bersebrangan dengan indomaret. Rasa pegal belum hilang sepenuhnya, tapi apa daya demi sebungkus nasi goreng dan membeli beberapa kebutuhan. Jadi mari kita melangkah kembali sembari menahan rasa sakit dan pegal ini sedikit. Beruntung Allah SWT memberi bantuan-Nya, kami bertemu dengan Mas Ichsan Sani, yang menawarkan tumpangan hingga kembali ke tempat istirahat kami.

JANAKA 2017 – HARI 1

22 September 2017, Hari pertama acara JANAKA, jam 4 pagi kami telah terbangun dan selepas subuh kami berkeliling area LAPAN, untuk sekedar Hunting foto sunrise di sekitar wilayah LAPAN Pasuruan. Jam 08.00 pagi acara di mulai dengan registrasi ulang para peserta. Jam 11.30 adzan sholat jum’at berkumandang, para peserta bersama pergi ke masjid dekat perumahan warga. Jaraknya terbilang cukup jauh dari tempat acara, karena harus turun hingga kedepan gerbang LAPAN.

Selepas sholat Jumat acara pertama, yaitu seminar, di mulai dengan 3 pembicara yaitu Pak Dr. Hakim Luthfi Malasan, Pak Prof. Dr. Thomas Djamaludin, dan Pak Dr. Dian Yudha sampai dengan pukul 16.00. 

Setelah seminar usai kami memiliki waktu untuk beristirahat sampai jam 19.00 dilanjut acara Star Party , yaitu pengamatan langit, bersama para peserta JANAKA 2017 dan juga sempat belajar mengenal alat optik yaitu teleskop bersama cak Joshua Anderson dari SAC (Surabaya Astro Club) sampai jam 23.00. Malam itu kami berhasil mendapat foto langit barat, dan star trail. Acara usai dan kami pun beristirahat untuk persiapan acara di hari selanjutnya.

JANAKA 2017 – HARI 2

23 September 2017, Hari kedua dimulai dengan suasana pagi yang sedikit mendung. Pagi itu kami mulai dengan mengambil timelapse matahari. Jam 7.30 acara inti dimulai, penanaman pohon membuka acara hari ini, dan kami kehilangan ketua deligasi kami. 

Baru setelah penanaman pohon selesai ketua delegasi kami muncul dengan wajah santai nan polos, seperti tidak terjadi apa apa. Setelah di tanya baru kami tau kalau dia baru saja selesai mandi di masjid dekat perumahan warga, yang cukup jauh dari tempat acara.

Dilanjut dengan acara TOUR dE LAB, para peserta dibagi menjadi 30 kelompok yang didalamnya kami tidak saling mengenal sama sekali. Dan kami, CASA, berada di kelompok 9, 10,11, dan 12. TOUR dE LAB ini berlangsung hingga jam 10. Setelahnya kami kembali ke aula utama, untuk WORKSHOP dengan kelompok yang sudah dibagikan.

WORKSHOP, ini bertema tentang pengenalan klub astronomi amatir, dan perannya di masyarakat. Sebuah pelajaran baru untuk kami agar bisa menyebarkan astronomi hingga keseluruh penjuru Indonesia. Ada 4 pembicara berbeda telah maju dengan materinya masing-masing. Pengenalan tentang LAPAN itu sendiri pun tak luput dari materi yang tersampaikan. 

ISHOMA, waktu makan siang dan mandi karena tadi pagi beberapa dari kami tidak sempat mandi, ha ha ha…

Jatah rehat 30 menit berlangsung cepat, dan kami kembali ke dalam aula utama untuk WORKSHOP sesi kedua. Sangat disayangkan, 2 anggota kami yang putri merasa kelelahan dan akhirnya kami minta untuk istirahat siang ini agar nanti malam bisa mengikuti lagi acara. 

WORKSHOP sesi kedua membahas tentang astrofotografi. Melihat para narasumber memperlihatkan hasil foto mereka membuat kami iri plus semangat untuk mendapatkan yang sama bahkah harus lebih baik lagi.

Waktu istirahat panjang kembali menyabut kami. Sore itu kami kedatangan bintang utama dari para astronomi di sini, orang yang kedatangannya paling ditunggu, salah satu artis dan guru dalam bidang astronomi, Ust. AR Sugeng Riyadi, atau lebih dikenal sebagai Pakar Fisika. Guru kami sekaligus guru dari para astronom disini. Mendengar beliau datang kedua anggota kami yang tadi sakit langsung sembuh dan menemui beliau.

Malamnya kami masih dilanjut oleh WORKSHOP sesi ketiga, hingga jam 10 malam. WORKSHOP ketiga ini membahas tentang alat praga astronomi yang bisa kami buat sendiri, seperti teleskop sederhana, fase bulan, dan lainnya. Sangat disayangkan langit tidak mendukung Star Party malam ini, awan menutupi langit malam. Sedikit membuat kecewa. Malam itu ust AR memberi tugas kepada kami untuk memasang SQM subuh nanti.

JANAKA 2017 – HARI 3

24 September 2017, hari terakhir dari acara JANAKA ini, agak berat memulai hari ini. Bukan karena lelah tapi sedih karena hari ini akan berpisah dari teman-teman pecinta astronomi dari seluruh Indonesia. Pagi itu dimulai dengan senam bersama di halaman LAPAN, suasana tawa dan senyum menghiasi pagi itu.

08.00 WIB, acara penutupan dimulai. Satu persatu kesan dan pesan dari para peserta terucap, suasana haru sedikit mewarnai pagi itu dan kami juga sempat belajar mengedit foto menggunakan Registax bersama Mas Ronny Syamara dari HAAJ. Sayangnya kami dan beberapa rombongan lain yang dari Jogja dan Solo harus meninggalkan acara lebih dulu, karena jadwal kereta kami yang berangkat lebih cepat. Akhirnya kami meninggalkan tempat acara lebih dahulu bersamaan dengan beberapa klub astronomi dari Jogja dan Solo.

ARMADA SPECIAL

Saat menunjukkan pukul 10 pagi dan Tim CASA menuruni arena Janaka 2017. Berharap dapat pulang bersama Tim Solo Astro Ckub dan Tim Casmara, beberapa delegasi susah diantar mobil Panitia menuju Stasiun Bangil berjarak 30 menit. Kami bertekad naik Bus Kota dengan bersama menunggu di jalan raya.

Namun Bus sama sekali tidak bisa dipastikan muncul sementara peserta yang banyak dan waktu mendesak. Duuuh bakal ketinggalan Kereta nih…

Akhirnya ust. AR datang dengan diantar pak Amien. Langsung tanpa mikir panjang kami Tim CASA putra diantar ke Stasiun Bangil. Namun Tim CASA putri tidak muat dalam satu mobil. Berharap mobil Panitia segera ready.

Namun perjalanan ternyata tidak macet dan ust. AR bersama pak Amien segera tuba kembali di lokasi Janaka2017, akhirnya Tim CASA putri juga berhasil diantar hingga ke Stasiun Bangil. Di Stasiun semua tiket sudah ready dan akhirnya semua Tim bersiap untuk kembali ke Markas CASA di PPMI Assalaam.

Entah karena lelah atau bagaimana, ada suatu kejadian yang membuat kami kebingungan. Tas ust AR dan pak Amien terbawa oleh rombongan kami di Kereta dan Kereta sudah berjalan… duuuh bingung, dan cemas menghantui kami.

Kami mencoba menghubungi ust AR untuk mengkonfirmasi tas tersebut. Setelah bernegosiasi akhirnya kami sepakat untuk bertemu ust AR di stasiun Gubeng Lama Surabaya. Harap cemas, hingga akhirnya kami bertemu beliau dan menyerahkan tas beliau kembali. Alhamdulillaah…. super lega 🙂

ENDING

Akhirnya, 3 hari 2 malam bersama para pecinta astronomi dari seluruh Indonesia, walau tidak semua berkumpul, tapi paling tidak banyak kenangan dan pelajaran baru yang kami dapat. JANAKA 2017, tempat para astronom Indonesia berkumpul dan bertukar pendapat juga saran, diskusi dan belajar bersama. JANAKA 2017, mengusung tema besar, “Mengikat Rasa Belajar Semesta”. Sampai jumpa di JANAKA tahun selanjutnya.

Salam Astronomi….

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Iklan

Satu Tanggapan

  1. Mntaaapp 👍👍

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: