Pengamatan Tiga Fenomena Bulan (Super-Blue-Blood Moon) di Observatorium Assalaam

Pengamatan Tiga Fenomena Bulan (Super Blue Blood Moon) di Observatorium Assalaam Pakarfisika by Taufiq

Akhir Januari ini Rabu, 31 Januari 2018, ditutup dengan tiga fenomena yang luar biasa, Super-Blue-Blood Moon. Super Moon adalah posisi Bulan berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi, Blue Moon, Purnama kedua pada bulan yang sama (2 dan 3 Januari 2018) sedangkan Blood Moon istilah lain Gerhana Bulan Total (GBT), dimana Bulan tampak kemerahan.

Kepala Pusat Astronomi Assalaam, Ustadz AR Sugeng Riadi mengungkapkan jika berdasarkan penghitungan GBT akan terlihat merah ketika memasuki pukul 20.00 WIB. Sedangkan puncak ketika semua permukaan Bulan berwarna merah pada pukul 20.30 WIB. Namun cuaca mendung dan grimis mengakibatkan Bulan tidak bisa diamati secara langsung dengan mata maupun teleskop.

Meskipun demikian pengunujung tetap berdatang. Tampak anak-anak, pemuda pemudi, bapak ibu, asatidzah, bahkan Ibu Hj Siti Aminah selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan turut ikut andil dalam acara ini. Untuk mengobati rasa penasaran pengunjung, CASA menayangkan bentuk GBT via aplikasi Stellarium, aplikasi yang dapat menunjukkan bentuk benda langit seperti nyata.

Setidaknya dengan open house ini sedikit banyak dapat mengenalkan ilmu astronomi kepada santri dan asatidz maupun kepada masyarakat umum.

“Bersama CASA Mengintip Gerbang Semesta”

“Bringing Astronomy to The Santri”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: