Pembina CASA Menjadi Pembicara Seminar Nasional di UIN Walisongo Semarang

Pembina CASA Pakarfisika Menjadi Pembicara Seminar Nasional di UIN Walisongo Semarang (2)

Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang menggelar Seminar Nasional bertajuk “Mempertanyakan Temuan Waktu Shalat Isya’ dan Subuh Baru” di Auditorium I lantai 2, Kamis (3/5). Hadir pada kesempatan ini empat pembicara yang luar biasa, Ust AR Sugeng Riyadi, S. Pd,  M. Ud, Prof. Dr. Tono Saksono, Dr. H. Ahmad Izzuddin, M Ag, dan Drs. KH. Slamet Hambali, M, Si. Tidak kurang 150 peserta menikuti seminar ini.

Seminar ini bertujuan untuk menggali wawasan kita tentang waktu shalat Isya dan Subuh. Apakah waktu Shalat Isya dan Subuh kita sudah sesuai kriteria?

Dihadapan para peserta Prof Tono menyampaikan beberapa penelitiannya. Beliau menyampaikan bahwa waktu Shubuh “pemerintah” yang berpacu Matahari berada pada 20 derajat dibawah ufuk masih terlalu cepat. Berdasarkan penelitiannya di beberapa daerah, Fajar Shodiq baru tampak setelah Matahari berada pada 18 derajat di bawah ufuk. Ada juga data di daerah tertentu yang menyatakan pada 13 derajat.

Pembina CASA Pakarfisika Menjadi Pembicara Seminar Nasional di UIN Walisongo Semarang

Disesi selanjutnya Ustadz AR memaparkan terkait ilmu falak dan penelitiannya. Alat yang digunakan untuk penelitian Fajar Shodiq ini salah satunya adalah kamera Canon 60 DA (seri khusus Astronomi) dan Sky Quality Meter (SQM). Meskipun ada beberapa perbedaan terkait hasil penelitian tersebut. Beliau menyampaikan bahwa jawaban dari tema “Mempertanyakan Temuan Waktu Shalat Isya’ dan Subuh Baru?” adalah dihati masing-masing.

Dua sesi terakhir diisi oleh Dr. H. Ahmad Izzuddin, M Ag, dan Drs. KH. Slamet Hambali, M, Si. Dimana KH Slamet Hambali memaparkan dari segi ilmu Fiqih. Sedangkan H Izzuddin memaparkan langkah-langkah yang perlu dilaksanakan kedepannya.

“Bersama CASA, Mengintip Gerbang Semesta”

“Bringing Astronomy to The Santri”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: