30 NSP dan GAM 2011

gam-awb-2011_pakarfisika

gam-awb-2011_pakarfisika

Ngiras – ngirus menyemarakkan GAM (Bulan Astronomi Dunia) 2011, pada 25-27 April 2011 CASA kembali ikut andil dalam ajang internasional bagi masyarakat pecinta astronomi. April 2011 ini ditetapkan sebagai Global Astronomy Month (GAM) yang bertujuan memperkenalkan astronomi pada masyarakat secara luas. Berbagai kegiatan pun dilakukan untuk mengajak masyarakat mengenal astronomi.
GAM 2011 merupakan bulan astronomi kedua sejak dicanangkan oleh Astronomers Without Border (AWB) di tahun 2010. Akan tetapi acara ini sebenarnya dimulai dari ide untuk meneruskan warisan Tahun Astronomi Internasional 2009. Di tahun 2009, sebagai bagian dari IYA2009 atau Tahun Astronomi Internasional, diadakan pengamatan global yang saat itu dikenal sebagai Global Star Party sebagai bagian dari rangkaian acara 100 Jam Astronomi. Saat itu, AWB dipercaya sebagai salah satu koordinator pelaksana Global Star Party untuk 100 Jam Astronomi. Hasilnya, lebih dari 100 negara berpartisipasi dan jutaan masyarakat Bumi menikmati langit malam dalam acara tersebut. Kesuksesan 100 Jam Astronomi kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan Galilean Night untuk mengamati satelit Galilean di Jupiter di tahun 2009 dan berhasil mengajak jutaan masyarakat dunia untuk menikmati Jupiter.

Setelah Tahun Astronomi 2009  berakhir pertanyaan yang muncul adalah, akankah gempita pengenalan astronomi juga ikut berakhir? Secara umum tidak ada satupun kegiatan di IYA2009 berakhir saat lonceng pergantian tahun berdentang, karena setiap kegiatan kemudian berlanjut untuk memberi pengenalan dan edukasi astronomi pada masyarakat. Salah satunya adalah 100 Jam Astronomi.

AWB yang dulunya menjadi salah satu koordinator Global Star Party dalam rangkaian 100 Jam Astronomi yang mengajak masyarakat seluruh dunia melakukan pengamatan langit malam selama 24 jam dari berbagai lokasi kemudian mencanangkan Global Astronomy Month pada bulan April 2010. GAM 2010 meraih kesuksesan dan kemudian dilanjutkan di tahun 2011 untuk memperkenalkan astronomi secara intens kepada masyarakat.

Kegiatannya? Ada Global Star Party, Pengamatan Saturnus, Lunar Week, 30 Night of StarPeace, SUNdays (pengamatan Matahari) dan masih banyak lagi. Selain itu, sepanjang Global Astronomy Month 2011  para astronom juga diajak untuk menjadi blogger yang akan mengisi GAMblog dan diperbaharui secara berkala untuk bercerita tentang astronomi, edukasi dan populerisasi astronomi.

Global Star Party dalam GAM 2011 berlangsung selama April 2011 secara serentak di seluruh dunia. Untuk tidak terputusnya aliran event malam hari selama 30 hari 30Nights Star Party itu,  CASA juga turut mengambil bagian untuk ikut serta dalam acara tersebut dengan mengadakan temu komunitas untuk berdiskusi dan melakukan pengamatan di tanggal 25, 26, dan 27 April 2011. Tgl 25,26, dan 27 merupakan agenda yang sudah terjadwal untuk giliran Indonesia menyambung estafet 30 NSP selama April 2011.

Laporan GAM 2011 CASA Putra:

Day-1 (Tuesday, April 25 2011)
At 08:00pm the member of CASA (Club Astronomi Santri Assalaam, – Astronomy Club of Assalaam’s Studets) conduct discussion about celestial object and definitions used in astronomical such as what is azimuth, horizon, distance in degree, etc. The member of CASA also introduced tools for observing the sky such telescope, binocular, and SLR (Single Lens Reflect) digital camera. We used Starry Nigth Pro 6 to simulate the sky, the celestial object, and it’s movement. The members of CASA were very exited. They got a lot of new knowledge about sky and astronomy. The discussion finished at 09:30pm.

Day-2 (Wednesday, April 26 2011)
On the second day, we tried to observe the sky. To observe the sky, we used Sky Wathcer and Maede as telescope, and Starry Night Pro 6 as guidance software which guide us to indentify the object. But at 09:00pm the sky is slightly cloudly, so we were a bit difficult to observe the sky. Finally we decided to observe the sky at 03:00am. At 03:00 am the sky was bright enough so that we can observe the sky.

Laporan GAM 2011 CASA Putri:

Kegiatan CASA Putri berlangsung pada tanggal 27 April 2011 malam yang bertempat di lapangan basket komplek PPMI Assalaam putri. Acara utama adalah peneropongan  bintang dan planet yang nampak pada malam itu. Namun karena kondisi sedikit mendung, maka hanya beberapa bintang yang bisa dinikmati cahaya nya oleh anggota CASA dan juga diramaikan oleh beberapa pelajar/santri di luar anggota club. Pengamatan ini dilaksanakan pada pukul 20.00 hingga pukul 23.00 wib.

GALERY KEGIATAN:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: