KUNJUNGAN EKSTRAKURIKULER ASTRONOMI SMA ABBS SURAKARTA

Melihat Matahari dan cara menggunakan teleskop

Assalaam Observatory kembali mendapat kunjungan dari siswa/i SMA ABBS Surakarta pada Jumuah (8/9).

Kegiatan Ekstrakurikuler Astronomi di SMA ABBS Surakarta merupakan kegiatan rutinan setiap pekan yang dilaksanakan pada hari Jumat sejak pukul 7 hingga pukul 9. Kegiatan yang berkaitan dengan astronomi diberikan kepada siswa-siswi yang tergabung dalam ekstrakurikuler ini.

Setiap tahunnya, SMA ABBS Surakarta mengajak siswa/siswinya berkunjung ke Assalaam Observatory sebagai kegiatan outdoor ekstrakurikuler astronomi. Sekitar 40 peserta tiba di kawasan Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam sekitar pukul 8 pagi. Rombongan langsung diarahkan menuju Anjungan lantai 5 Observatorium Assalaam untuk mendapatkan pengarahan dari ustadzah Ratna.

Siswa diarahkan menuju Anjungan Astronomi lantai 6 bagian utara, sementara siswi diarahkan ke bagian selatan. Empat buah teleskop manual diarahkan untuk melihat Matahari dan bintiknya. Kemudian secara bergantian mereka masuk ke Dome untuk melihat simulasi penggunaan teleskop utama. Kegiatan ditutup dengan foto bersama di Anjungan Astronomi.

Semoga kerja sama antara Assalaam Observatory dan SMA ABBS terus terjalin dalam rangka penyebaran ilmu astronomi di wilayah Solo Raya.

“Bersama CASA, Mengintip Gerbang Semesta”

“Bringing Astronomy to the Santri”

Tinggalkan komentar