EKSPEDISI CASAMO KE MIN 1 BOYOLALI

Melihat Matahari dengan Kacamata Matahari dan Teleskop Berfilter

Assalaam Observatory mengajak siswa/i MIN 1 Boyolali untuk mempelajari ayat-ayat langit pada Sabtu (02/12).

Tim Assalaam Observatory dan tim Sipenwaru Assalaam bekerja sama mengadakan kegiatan berbasis sains-astronomi ke sekolah-sekolah di Solo Raya. Rombongan membawa mobil astronomi keliling yang disebut CASAMO (Club Astronomi Santri Assalaam Mobile Observatory).

Kegiatan yang melibatkan sekitar 182 siswa kelas VI ini dimulai sekitar pukul 7 pagi. Dibuka dengan pengenalan singkat mengenai PPMI Assalaam dan CASA oleh ustadz Hedonal, serta dilanjutkan dengan pengamatan yang dipimpin oleh ustadz AR Sugeng Riadi. Ada 3 buah teleskop yang disediakan untuk mengamati obyek langit. 2 teleskop Lunt diarahkan ke Matahari dan 1 set teleskop manual Sky-Watcher Evostar 102 diarahkan ke Bulan. Sayangnya tidak semua siswa berhasil melihat Bulan karena Bulannya sudah terbenam. Hal ini tidak menyurutkan semangat anak-anak karena tim sudah menyediakan aktivitas lain, menerbangkan roket air.

Sekitar pukul 08.30 peserta diarahkan ke masjid untuk melaksanakan shalat dhuha. Dilanjutkan dengan sarasehan bersama kepala sekolah MIN 1 Boyolali dan penyerahan souvenir dari Assalaam Observatory. Tidak hanya kegiatan outdoor, peserta juga diajak untuk membuat kalendar satu tahun dalam 1 lembar.

Mau sekolahmu dikunjungi oleh CASAMO? Ayo daftarkan sekolahmu untuk mendapatkan pengalaman tidak terlupakan~

“Bersama CASA, Mengintip Gerbang Semesta”

“Bringing Astronomy to the Santri”

Tinggalkan komentar