EKSPEDISI CASAMO KE MIN 9 SRAGEN

Pengarahan awal disampaikan oleh ustadz AR

Assalaam Observatory mengenalkan ilmu astronomi kepada siswa-siswi kelas V dan VI Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 9 Sragen pada Kamis (07/12).

Tim Assalaam Observatory dan tim Sipenwaru Assalaam bekerja sama mengadakan kegiatan berbasis sains-astronomi ke sekolah-sekolah di Solo Raya. Rombongan membawa mobil astronomi keliling yang disebut CASAMO (Club Astronomi Santri Assalaam Mobile Observatory). Mobil ini dilengkapi berbagai fasilitas yang dapat menunjang berbagai kegiatan sains-astronomi.

Rombongan disambut langsung oleh kepala Madrasah, ibu Siti Marwiyah, beserta dewan guru dan peserta kegiatan. Kegiatan yang melibatkan sekitar 140 siswa kelas V dan 140 siswa kelas VI ini dibuka dengan apel pengarahan dan foto bersama di lapangan madrasah sekitar pukul 7.30 pagi. Kemudian peserta dibagi ke dua lokasi berbeda. Kelas VI di dalam ruangan mendapat informasi mengenai PPMI Assalaam dan membuat kalendar tahun 2024. Kelas V berkegiatan di luar ruangan.

Ada 3 buah teleskop yang disediakan untuk mengamati obyek langit. 2 teleskop Lunt diarahkan ke Matahari dan 1 set teleskop manual Sky-Watcher Evostar 102 diarahkan ke Bulan. Tim juga menyediakan aktivitas lain, yaitu peluncuran roket air. Seluruh peserta diarahkan menuju lapangan Desa untuk membuat dan menerbangkan roket.

Mau sekolahmu dikunjungi oleh CASAMO? Ayo daftarkan sekolahmu untuk mendapatkan pengalaman tidak terlupakan~

“Bersama CASA, Mengintip Gerbang Semesta”

“Bringing Astronomy to the Santri”

Tinggalkan komentar